F4tim3's Blog

Just the way I am…

Istri kedua…?

Mau neng jadi Istri kedua…? “

hhmmmm……” perempuan dengan panggilan Neng itu pun hanya bisa menarik nafas panjang…. tidak pernah terbersit di fikiran nya akan mendapatkan tawaran seperti itu….

Data-data statistik banyak menujukan, bahwa untuk saat ini perbandingan antara jumlah laki-laki dan perempuan mencapai pada angka 1 : 4 , dimana di setiap 10 angka kelahiran rata-rata 7-8 orang nya adalah perempuan… dan setiap angka kematian hampir 60%  adalah laki-laki… jadi…kalau mau sok idealis dengan ber prinsip bahwa 1 laki-laki adalah hanya untuk 1 perempuan..trus..? sisa nya di kemanain…? nganggur dunk…? hehehe…..

Muncul nya istilah perawan tua dalam kehidupan sosial sering kali membuat resah perempuan yang masih single dengan usia yang cukup matang… disaat hampir semua teman seusia nya sudah menikah dan memiliki 2, 3 bahkan 4 orang anak… sementara dia..satu pun belom ada.. gak jarang muncul rasa takut bahwa kesendirian itu akan terus berlanjut seiring dengan lanjut nya usia… pertimbangan semacam ini  yang pada akhir nya kadang membuat perempuan mau tidak mau, dari pada sendiri terus… memilih untuk menjadi istri kedua… ada juga yang di dasari oleh alasan ekonomi, selanjutnya..pro dan kontra pun bermunculan atas keputusan ini..

Disisi yang pro, pemikiran nya akan di kembalikan kepada konsep “daripada”.. daripada sendiri terus, dari pada kesepian, daripada gak punya keturunan… dan daripada-daripada lain nya yang di jadikan sebagai alasan pembenar dan penguat perempuan menerima dan menjalani hidup sebagai “madu”…

Disisi yang kontra, biasa nya akan lebih di dominasi oleh perasaan, bisa menyakiti sesama perempuan lah, di kucilkan dan jadi cibiran tetangga lah.. takut laki-laki nya gak bisa adil, yang pada akhirnya membuat perempuan yang menjadi istri pertama serasa di beri “racun”…. hhmm…. kalo udah kayak gitu beda antara di racun sama di madu tuh tipis aja kali yah… :)

Dalam perjalanan hidup aku, ada beberapa kali aku melihat penderitaan menjadi istri kedua… salah satu teman kantor tempat aku bekerja dulu… kalau aku perhatikan… secara ekonomi dia bisa di katakan mapan, pada saat itu, dengan gaji dua kali lipat lebih besar dari gaji aku, cukuplah untuk memenuhi kebutuhan hidup nya, awal nya dia gak pernah cerita, sampai akhirnya, entah karena kenapa tiba2 dia curhat.. bahwa dia selingkuh dengan suami orang dan karena udah jatuh cinta beneran jadi sulit untuk “lepas”, beruntung bahwa suami nya cukup “mampu” untuk menikahi dia walau tanpa sepengathuan istri pertama nya, selanjutnya..mungkin udah bisa ketebak kan keseharian yang dia jalanin dengan “suami” nya…. selalu banyak pertimbangan untuk berani “tampil berdua” di depan umum…. yaaa..itu hanya satu diantara beberapa “penderitaan” lain yang dia alamin….

Ada juga salah satu teman yang berani mengambil keputusan untuk menjadi istri kedua karena capek jadi omongan orang… capek di katain perawan tua..  hhhmmm…. keputusan berani dia ambil ketika akhirnya dia jadi istri kedua, dia lepas pekerjaan nya sebagai sekertaris yang sebenarnya sangat lumayan penghasilan nya… yang kemudian sangat dia sesalkan karena perekonomian suami nya runtuh setelah menikah dan memiliki keturunan dengan nya, lepas dari omongan orang ttg perawan tua nya, sekarang kembali jadi omongan orang karena di bilang bangkrut nya perekonomian suaminya karena dia kualat sama istri pertama nya…. entahlah… aku pun gak bisa komentar banyak tentang itu….

Salah satu tetangga aku di kampung pun ada yang memilih menjadi istri kedua, ini lebih karena alasan ekonomi, tanpa memiliki mata pencarian yang pasti , dia harus mengurus dan membesarkan 2 orang anak nya yang masuk usia sekolah… hhmm… kebayang kan… banyak nya biaya yang harus dia sediakan untuk semuanya ? tanpa pikir panjang dia pun menerima tawaran pak haji kaya raya purnawirawan berpangkat “bunga” untuk jadi istri kedua nya…. setiap aku pulang dan ketemu..aku liat dia begitu bahagia.. selalu ramah menyapa… semoga memang demikian ada nya…..

Tidak ada perempuan yang 100% mau berbagi suami… pun sebaliknya..tidak ada laki-laki yang bisa benar-benar adil 100 % … tawaran menjadi istri kedua..bisa jadi hanya ujian… bagi siapapun yang tengah belajar bersabar menunggu belahan jiwa nya datang menghampiri…. atau… bisa jadi memang itu yang di gariskan Tuhan…  karena kesabaran nya.. Tuhan berikan “berbagi” sebagai lahan surga nya…. bagaimana dengan aku…? entahlah… ku pasrahkan urusan ini pada yang maha berhak…. karena hanya Tuhan yang tahu segalanya……

About these ads

20 September 2010 - Posted by | Just thought

6 Comments »

  1. Wah kalo yg ini jujur mas ngak bisa koment dalam hal pilihan hidup..kalo dlm hal ini intinya cuma Berani atau tidak mengambil suatu keputusan tsb.. Jangan krn buru2 ingin ganti status atau faktor2 yg bukan sebagai subtansi hidup..butuh suatu pemikiran yg abjectif dan jernih.. bagaimana futurenya, bagaimana efeknya bagaimana menjalankannya ?? Itu semua bisa dijwb dengan dasar ADIL…skr yg dibutuhkan keyakinan bahwa sebenarnya saya sanggup atau tidak untuk melakukan itu….

    Comment by teguh | 20 September 2010 | Reply

    • @ Mas Teguh: basically aku bukan type yang anti sama poligami, selama itu dilakukan dengan alasan yang benar, why not ? tapi misalkan tawaran jadi “madu” itu datang ke aku? hhmm… kalau bisa siy jangan yah..hehe…pastinya akan banyak hal yang harus di pertimbangkan dulu deh…. alhamdulillah… aku masih ngerasa cukup dengan kondisi aku sekarang ini… tengkyu buat koment nya yaah…..

      Comment by f4tim3 | 21 September 2010 | Reply

  2. Ya kalau itu basicly dari kamu ya it’s ok sih…brarti bisa dong nih ЂεђεђεЂεђεђε

    Comment by teguh | 22 September 2010 | Reply

    • @ Mas Teguh : iiih..kok tau siy klo aku bisa… bisa kerja, bisa jalan2… bisa berenang..diving juga bisa kok…hehe….

      Comment by f4tim3 | 22 September 2010 | Reply

  3. beneran nih bisa…. gak mau lama2 nih maunya langsung2 aja deh hehehehe…..ayo loh

    Comment by teguh | 23 September 2010 | Reply

  4. [...] Istri kedua…? « F4tim3's Blog [...]

    Pingback by REGISTRATION OFFICER at TEGUH PESONA, PT | 24 September 2010 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: