F4tim3's Blog

Just the way I am…

Cibulan

Hobi yang satu ini udah bawaan orok kayak nya.. sejak SD dulu aku seneng banget sama yang nama nya jalan-jalan.. walo dulu cuma bisa jelajah kampung kelahiran sama temen – temen maen… ada rasa ...exciting tiap kali aku jalan…beruntung bahwa ada beberapa objek wisata alam yang kebetulan  letak nya gak jauh dari rumah.. seperti Cibulan,

Terletak di Desa Manislor, kecamatan Jalaksana ,kabupaten Kuningan Jabar, kurang lebih 10 menitan lah dari rumah, Cibulan adalah salah satu obyek wisata alam lumayan terkenal yang didalam nya terdapat 3 kolam besar dengan kedalaman maksimal 3 meter, dikelilingin pohon-pohon tua segede gaban membuat lokasi jadi adem dan teduh, di tambah air kolam yang mengalir alami dari pegunungan Ciremai , air nya jernih dan dingin, segeeerrr deh pokok na….

Ada yang menarik dari tempat ini, Entah dari mana asal nya sejak aku kecil kolam-kolam itu udah terisi ikan..yang bentuk nya mirip ikan mas dengan ukuran nya rata2 sebesar anak bayi yang baru lahir, warna nya sisik nya biru tua.. susah di pegang karena memang licin dan lincah banget, ikan – ikan itu terkenal dengan sebutan ikan Dewa..

Menurut warga sekitar yang mengelola Cibulan, ikan – ikan itu dari sejak dulu sudah ada di kolam Cibulan, dipercaya juga sebagai ikan siluman karena mereka datang tak di jemput dan menghilang dengan sendirinya tiap kali kolam-kolam tersebut di kuras air nya untuk di bersihkan,tenang ..pasti nya ikan – ikan itu jinak banget.. terbukti kolam itu terbuka untuk di pakai berenang oleh semua  pengunjung yang dateng, ikan – ikan itu cuma makan jagung rebus atau kacang rebus yang banyak di jual warga di sekitar lokasi kolam.

Selain ikan Dewa yang siluman itu..Cibulan ini juga terkenal dengan Sumur 7 nya..hmmm...mulai mistis niy

Ada 7 sumur kecil di sekitar lokasi yang di percaya warga sekitar dapat memberikan peruntungan kalau kita mau mandi di situ..peruntungan yang di maksud bisa berupa kekayaan, kelancaran bisnis,  jodoh atau pun pekerjaan sesuai dengan kebutuhan pengunjung bahkan kata nya siy bisa juga untuk kelulusan ujian..halah… hari gini kok masih percaya gitu an yah… tapi ya itulah mitos nya.. buat ade2 yang masih sekolah..percaya deh mitos yang satu itu bisa juga meleset..sering malah..so belajar teteub kunci keberhasilan ujian.. okeh ?

Anyway, terlepas dari semua kepercayaan itu Cibulan menarik untuk di kunjungi dan sampai hari ini masih banyak pengunjung yang datang terutama pas musim liburan anak sekolah, dengan maksud – maksud ‘tertentu’ atau sekedar untuk wisata dan berenang.

Cibulan cukup berjasa buat aku..waktu SD dulu salah satu yang aku suka dari pelajaran olah raga adalah berenang, kalau gak salah sekitar kelas 3, awal mula aku bisa berenang, satu kelas di giring pak Handaka ke Cibulan (alow pak, how are you? damang ?) .. sengaja di pilih kolam yang agak dalem (sekitar 2 meteran) karena si bapak guru mau anak murid nya belajar buat ngambang…dengan tinggi badan aku yang waktu itu cuma semeteran nyebur kesitu urusan nya bisa jadi antara hidup dan mati, karena penasaran pengen bisa ngambang nyebur juga aku ke situ.. bismillah…Byuurrr….aku nyebur juga dan sukses meluncur dengan gaya batu..alias abis nyebur gak nimbul-nimbul lagi…aku kelelep di situ, alhamdulillah pak guru berhasil tarik tangan aku naik ke permukaan, ajaibnya aku jadi bisa berenang setelah kelelep tadi..hehe…. not bad kan..? weeitts..bukan berarti kemakan mitos yang aku sebutin tadi yah…tapi katanya siy klo mau bisa berenang memang harus kelelep dulu kan ? hehe..

So..? tertarik untuk ke Cibulan ? manggaa di antos nya… ^_^

6 April 2010 - Posted by | Walk around..

2 Comments »

  1. Jd pengen ke cibulan sekalian ke maleber. Deket ga ya?

    Comment by dian | 9 April 2010 | Reply

    • Cibulan mah deket nya dari rumah aku bu..mampir yah klo jadi ke sana…yang di maksud teh maleber kuningan kan? kayaknya lumayan deh..bisa sampe 1 jam an lebih…btw, jauh amat ke maleber..jalaksana aja atuh..hehe…

      Comment by f4tim3 | 9 April 2010 | Reply


Leave a Reply

