F4tim3's Blog

Just the way I am…

Pulau Tidung

Sekian lama gak menyalurkan hobi jalan, bikin otak jadi beku, kok ya tau-tau ketemu dengan orang yang ternyata tukang jalan, waaahh…. Rasanya seperti ketemu toilet pas kita lagi kebelet..hehe… (pizz aah..) , ketemu ma orang kayak gini besar juga khasiat nya.. jamu kalee….^^ gak hanya untuk urusan sumbang ide destinasi, bikin itenary, yang pastinya acara jalan-jalannya jadi lebih seru dan berwarna deh….

Orang yang aku sebut di atas kebetulan gak cuma tukang jalan, ternyata dia juga tukang poto, dengan berat hati harus aku akuin…kalo hasil jepretan nya keren-keren… tob markotob euy.. 2 jempol deh pokok nya… ngiler liat poto hasil jalan-jalan nya aku pun maksa minta di ajarin..yah..walo ilmu yang dia kasih cuma seuprit… thanks anyway ya gan dah bikin aku jadi nambah pengetahuan..

Untuk urusan jalan-jalan, aku memang gampang banget teracuni.. tersulut, terpengaruh, terprovokasi.…halah… bis gimana dunk… bawaan orok siiy … selain karena dah pengen jalan di tambah gak sabar pengen praktekin ilmu moto yang seuprit tadi, dengan semangat 45 aku terima tawaran jalan dengan tujuan pulau Tidung, jujur nama nya aja baru denger..hehe… Ooo…ternyata pulau itu bagian dari deretan Kepulauan Seribu yang lokasinya tetanggaan ma Jakarta.

Sabtu tgl 5 Des’09 dengan bermodalkan informasi yang tukang poto punya, meluncurlah kita ke pulau Tidung dengan konsep 1 night trip dan beragendakan poto2 plus snorkeling, beranggotakan 3 orang; aku , tukang poto sama temen kantornya tukang poto, semuanya memang belom pernah ke Tidung, maka nya di awal perjalanan sempet bikin aku rada parno, rute yang kita ambil lewat dermaga Muara Angke, setiap hari nya cuma ada 1 perahu nelayan yang ngangkut penumpang ke Tidung, perahunya ajaib..gak gede2 amat tapi bisa muat beberapa unit motor, katanya siy setiap pagi penuh ato gak penuh tuh perahu pasti berangkat jam 7 pagi, udah mah emang deg-deg an takut ketinggalan perahu eh pake salah pintu masuk lagi..terpaksa kita harus loncatin tembok setinggi tembok berlin sebagai jalan pintas ke dermaga tempat perahu parkir

….*lebaydikid,com. Baru kali ini aku ngerasain yang nama nya naik perahu nelayan..di sambut aroma yang “luarrr biasaaaa” itu, penumpang nya semua di dudukan lesehan dan ngumpul jadi satu, kata tukang poto mah serasa jadi pengungsi Vietnam, kasian…mungkin dia pernah ngalamin itu, klo buat aku mah serasa jadi imigran yang lagi di evakuasi kayak di tipi2 itu..hehe…

Jadwal pemberangkatan nya ngaret, sekitar jam 9 an perahu baru berangkat meninggalkan dermaga… kurang lebih setelah 30 menit melaju aku liat penumpang lain udah mulai teler n merebahkan diri dengan posisi masing2..termasuk 2 orang temen jalan aku…plus aku juga siy..hehe… karena brisik nya suara mesin perahu yang gak jauh dari tempat kami duduk, tidurnya jadi gak pules… aku coba nikmatin pemandangan laut yang sempet bikin miris hati… duh..kotor nya laut kita yah..banyak sampah berminyak ngambang en bertebaran di beberapa km sepanjang awal perjalanan… too bad.. aku sempet ngayal sambil mandangin laut lepas…ada ikan paus atau hiu kek yang tau2 nongol depan mata..pasti seru… eh..lagi enak2 ngayal..dari kejauhan aku nangkep ada bayangan loncat2..bergerombol… pas aku pelototin lagi..ternyata lumba-lumba..!! saking seneng nya aku sampe teriak ngasih tau tukang poto ma temen nya buat cepet-cepet ambil gambar nya..sayaaaang banget pas mereka mau liat eh lumba-lumba nya gak nongol lagi…. Temen nya tukang poto sempet liat sih dikit..paling gak dia bantu aku yakinin klo lumba-lumba yang aku liat itu beneran dan bukan fatamorgana…. Katanya siy yang bisa kebeneran liat lumba-lumba kayak gitu teh cuma orang-orang baik aja, yaa…sesuai amal dan perbuatan lah..hehe… piss lagi aah….


Setelah melalui 2 jam perjalanan by perahu tadi, sampailah kita di Tidung…. Beberapa km sebelum masuk dermaga dah mulai keliatan indah nya Tidung..lautnya lebih bersih di banding awal kita berangkat tadi..biruuu banget laut nya… cakep lah…

Sempet nyasar kita nyari penginepan di situ, walo tuh penginepan cuma satu2 nya di Tidung, tempat nya ngumpet and saru sama rumah penduduk… tapi lumayan lah… untuk tempat nya woke cuma sayang air mandi nya kurang woke…  mungkin memang gitu kali yah tipikal air di sana.. setelah ishoma kita mulai kegiatan dengan snorkeling… awalnya aku kurang minat nyebur ke laut ..bukan karena takut item yah… kan dah di bilangin item-putih kulit gak jaminan masuk surge..hehe…. tapi lebih ke ngeriy aja… jujur aku tuh punya imajinasi rada serem tentang laut… selama berada di atasnya aja siy aku masih woke..tapi untuk masuk ke dalam nya..hhhmm…. ini jadi tantangan tersendiri buat aku…. Dengan nyewa perahu motor kecil dari warga sekitar..berangkatlah kita siang itu ke perairan pulau Payung, pulau yg katanya siy high recommended untuk snorkeling..dan ternyataa…benaaaar sekaleee… suerr… meliat bening biru air laut nya yang nembus sampe ke dasar … kita bisa ngintip dari atas permukaan indahnya pemandangan dalam laut… keindahan itu  perlahan tapi pasti telah berhasil mengikis imajinasi serem  ttg laut dari kepala aku… ngiler liat mereka pada nyebur snorkeling akhir nya aku nyebur jugaa….. yihaaa….seneng deeeh……ngintip ke dalam laut..kereen view nya..subhanallah…. speechless deh ma indah nya….

Selesai snorkeling n bersih2 badan kita lanjutkan dengan gowes sepeda keliling pulau… emang kuat ? ya iyaa laah..lha wong pulau nya aja kecil kok… ngingetin aku ma masa kecil maen sepeda muterin kampung..hehe… senang nyaa…. Sampe ke ujung nya pulau kita ketemu sama jembatan penghubung ke pulau Tidung kecil, tempat yang woke untuk poto-poto… hhmmm…..

Gak berasa hari udah gelap… pulanglah kita kembali ke penginepan… untuk istirahat sekalian siap-siap balik ke Jakarta besok pagi nya… as mentioned perahu yang ngangkut penumpang dari Tidung ke Jakarta pun  ternyata cuma 1 dan pagi aja ada nya…..eh ya..pagi-pagi banget bis shubuh kita sempet hunting sunrise juga lho di jembatan ujung pulau itu… sayang cuaca agak mendung jadi bikin matahari terbit kurang sempurna… but it’s still beautiful anyway….

Weekend di pulau Tidung selesai sudah…. Alhamdulillah..it was really nice..sayang cuma 1 malam..belum puas rasanya kita nikmatin keindahan pulau Tidung… well… insyaallah klo ada kesempatan masih mau kok balik lagi kesana.. oya..makasiy banyak buat tukang poto ma temen nya yang udah jadi bagian dari nice weekend ini…  see you on next trip…

9 April 2010 - Posted by | Enroute

8 Comments »

  1. mantap bu!
    jernih sekali lautnya – bikin ngacai, jembatannya menggoda, langitnya menawaN, SUNSETNYA gak kuku-atete. siipppp deh

    Comment by johni | 9 April 2010 | Reply

    • Bener kan aku bilang ? hayuuu..kapan mau ke sanah ? siab niy..gak cuma snorkeling..diving juga tarik lah…*punyawetsuitbaru.com
      btw, ngacainya jangan lupa di lap yaak…hehe… thanks jo!

      Comment by f4tim3 | 9 April 2010 | Reply

  2. ini pulau seribu yaa ??

    Comment by Anton Ferdinand | 10 April 2010 | Reply

    • @ Anton : betuuull banget..pulau Tidung ini bagian dari kepulauan seribu.. keren yaah..? ^_^

      Comment by f4tim3 | 10 April 2010 | Reply

  3. Jam kebrangkatan kurang akurat tuh hehe …berdasarkan file di poto2 ketika pas mau berangkat tuh jam menunjukan di angka 6.48… sekitar jam 7 kurang …. tp ternyata setting jam di kamera saya lebih lambat +- 1 jam jadi sekitar jam 8-an baru berangkat

    Comment by Tukang Poto | 12 April 2010 | Reply

    • @Tukang Poto : oww..iya yah..maab..aku lufa tepatnya berangkat jam brp tuh kapal..kurang lebih aja siy….thanks buat koreksi nya yaaak… ^^

      Comment by f4tim3 | 12 April 2010 | Reply

  4. Congratulations on having one of the most sophisticated blogs Ive come across in some time! Its just incredible how much you can take away from something simply because of how visually beautiful it is. Youve put collectively a excellent weblog space –great graphics, videos, layout. This is definitely a must-see blog!

    Comment by sex filmy | 28 December 2010 | Reply

    • thank you.

      Comment by f4tim3 | 3 January 2011 | Reply


Leave a Reply

