F4tim3's Blog

Just the way I am…

Pesona Gunung Ciremai

Setiap bulan dalam rangka memenuhi kebutuhan aku melepas kangen orang tua dan keluarga, selalu aku usahakan untuk pulang kampung, dan setiap aku pulang dari kejauhan gunung ini yang selalu setia menyambut kedatangan aku dan siapa saja yang mau berkunjung ke Kuningan…Gunung Ciremai, terletak pada ketinggian 3.078 m di atas permukaan laut, di nobatkan sebagai Gunung tertinggi di Jawa Barat, dengan posisi geografis nya yang terletak pada 6° 53′ 30″ LS dan 108° 24′ 00″ BT menempatkan gunung ini masuk ke dalam 3 wilayah kabupaten ; Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Cirebon, merupakan salah satu ekosistem pegunungan yang memiliki keunikan karena merupakan gunung yang terletak tidak terlalu jauh dengan laut.

Gunung Ciremai sangat di gemari oleh hampir seluruh lapisan masyarakat, terutama untuk mereka yang hobi melakukan pendakian, bagi pendaki gunung sejati kayak nya belum afdol kalau belum pernah naikin gunung ini sampai ke puncak..*ngomporin.com, tapi bagi yang gak kuat daki gunung, lokasi sekitar nya pun baik untuk wisata alam, iklim di kawasan gunung ini memiliki udara yang sejuuk banget.. dengan temperature berkisar 18-22 derajat celcius plus bebas polusi membuat siapa saja yang wisata ke gunung ini jadi lebih sehat dan lebih fresh..!! sueer..buktiin sendiri klo gak percaya…. ^^

Gunung Ciremai termasuk dalam kawasan Taman Nasional memiliki 3 (tiga) fungsi pokok, yaitu sebagai kawasan hutan lindung dengan luas 15.000Ha, konservasi alam dan zona resapan air, sebagai salah satu paru-paru dunia yang mampu menetralisir karbon dioksida yang berdampak sebagai racun menjadi oksigen yang dibutuhkan umat manusia untuk pernapasan serta menjaga kestabilan temperatur bumi yang terus meningkat akibat lapisan ozon yang semakin menipis, selain itu disebutkan bahwa kawasan hutan gunung ciremai termasuk dalam kawasan rawan bencana gunung berapi dan kawasan rawan gempa bumi, hhmmm…..


Yang aku denger dari temen yang pernah mendaki ke sana, ada tiga pilihan jalur pendakian Gunung Ciremai, yakni melalui jalur Linggarjati Desa Linggajati Kecamatan Cilimus, jalur Palutungan Desa Cisantana Kecamatan Cigugur dan jalur pendakian Apuy Kabupaten Majalengka, dan diantara ketiga jalur pendakian tersebut yang terkenal paling mudah adalah jalur Palutungan Desa Cisantana Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, jalur ini bisa menjadi pilihan utama karena dikenal merupakan jalur pendakian track paling mudah, dengan jarak tempuh kurang lebih 10 kilometer udah sampai ke puncak Gunung.


Banyak nya cerita mistis atau seram tentang Gunung Ciremai ini ternyata tidak mengurangi minat para pendaaki yang setiap tahunnya selalu bertambah, sekedar saran untuk pendaki pemula yang baru pertama kali naik Gunung ini, baiknya pakai jasa penunjuk jalan / guide yang di sediakan di pos sekitar “pintu” pendakian, dan penting untuk di ingat sebelum mulai mendaki daftarkan diri anda dan team pendakian pada pos jaga untuk memudahkan pencarian jika terjadi nyasar ato lupa jalan pulang..naudzubillah yak… dan yang paling penting jangan lupa untuk berdoa agar di lindungi dan di beri keselamatan hingga kembali dari pendakian….amiiin…. ayoooo naik gunung yuuuuk…….

10 April 2010 - Posted by | Walk around..

8 Comments »

  1. siiip…

    Comment by diddin | 12 April 2010 | Reply

    • @ Diddin : berani trima tantangan…? yuuk atuh ke sana…

      Comment by f4tim3 | 12 April 2010 | Reply

  2. ouw….very2 nice……..mau donk………….tp yg lbh nice yg pake kaos kuning koq…he…he………

    Comment by tongat | 30 April 2010 | Reply

    • @ P’Tongat : aloow pak… pripun kabare..klo yang kaos kuning mah memang nice dari sono nya pak..hehe..hayu atuh mampir ke kuningan..^_^

      Comment by f4tim3 | 5 May 2010 | Reply

  3. I think it does, but it gets all distorted underwater.

    Comment by zelsNeizedo | 16 September 2010 | Reply

    • @ Zels : thanks for come by.

      Comment by f4tim3 | 21 September 2010 | Reply

  4. wowwww…mantap ya…nanti kira-kira tanggal 29 April 2011 – 04 Mei 2011..saya akan kesana bersama organisasiku..oh ya…untuk permulaan kemarin baru ke gunung SALAK ( SUKABUMI )..sekarang langkah berikutnya ke TNGC ( TAMAN NASIONAL GUNUNG CIREMAI )..disana seram gak yahh ?????…masalahnya BATINKU sangat lemah terhadap hal gaib…

    Comment by Andhika Nugraha | 9 March 2011 | Reply

    • Hi Andhika, suka naik gunung yah… kata nya siy memang belum pendaki sejati kalau belum ngerasain dahsyat nya gunung ciremai..hehe…. kalau dengar cerita yang pernah kesana siy lumayan serem yah… tapi di kembalikan ke diri masing2 ajah..yang penting kita hati-hati, banyak berdoa, gak bicara sembarangan, jangan terpisah jauh dari kelompok dan jangan lupa pake guide..insyaallah pendakian nya lancar dan selamat sampai kembali ke rumah..amin… gud lak yah….

      Comment by f4tim3 | 9 March 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: