F4tim3's Blog

Just the way I am…

Psy-War …?

Pinjem istilah yang di pake ma seseorang… jadi inspire aku buat bikin tulisan tentang ini.. psy-war ato klo dalam kamus bahas inggris di artikan sebagai perang urat syaraf…hhhmm…berat niy tema… ^_^

Kita sama2 tau..bahwa kita gak bisa maksa semua orang untuk suka sama kita.. pun termasuk aku… apapun yang aku lakukan… adalah bagian dari usaha aku bersosialisasi dan berinteraksi ma orang sekitar…

Sedikit flash back niy… dari sejak lulus SMP dulu..ortu dah nempatin aku di sekolah ber-asrama… ini membuat aku mau gak mau harus bergaul sama semua orang di sana..mulai dari komunitas di kamar, yang berisikan kurang lebih 16 anak dengan bawaan dan karakter masing2, sampe di sekolah.. tempat pengajian.. hhhmmm…satu2 nya “ruang” untuk sendiri adalah tempat tidur… kamar mandi? ga termasuk..coz dalam keadaan “terdesak” kadang kita harus bisa mandi bersama ^^…, banyak hal yang aku pelajari dengan tinggal di asrama seperti ini, tentang bagaimana kita bertoleransi , berbagi dan berempati sama teman, peka terhadap kesulitan teman, bagaimana dengan menjadi diri sendiri kita bisa berbaur tanpa usil dengan urusan pribadi masing-masing… bukan hal mudah awal nya..karena faktor usia yang relatif masih abg banyak benturan2 ego di sana, gak jarang kita jadi ribut sama teman karena hal sepele, tapi berjalannya waktu banyak juga hal2 baru yang bisa kita ambil hikmah nya… misal nya, biasa aku di rumah di urusin orang tua, di sini aku harus bisa mengurus diri sendiri dari urusan pakaian, makanan sampai urusan manajemen keuangan yang dengan jatah sekian rupiah harus cukup untuk hidup selama satu bulan, di rumah kita bisa kapan aja “ribut” sama sodara karena ada orang tua yang selalu siap buat misahin ,belain ataupun damai-in di sini yang kita hadepin berpuluh-puluh kepala tanpa ada juru damai atau juru selamat, so dari pada “benjol”  di kerubutin mending cari damai aja kan..hehe..”what a hard life” … itu yang ada di fikiran ku dulu…dari pengalaman itulah sekarang aku malah merasa beruntung pernah melewati that “hard life” …

Benar memang kalau yang nama nya usia tidak menjamin kedewasaan seseorang… terbukti di kehidupan aku sekarang dengan lingkungan dan usia yang sudah jauh berbeda ..benturan2 ego masih sering terjadi… walau gak sampe ribut..karena malu sama umur..hehe…kita di tuntut lebih bijak dan dewasa menyikapi benturan2 itu… dan ini bisa terjadi dimana aja..di rumah, tempat kerja..atau komunitas lain yang mengharuskan kita berinteraksi dengan berbagai macam orang….dan ketika dengan bicara sudah menemukan jalan buntu…gak jarang psy-war ini yang selanjutnya akan terjadi….perang dingin atau perang “urat syaraf” ini sering kali lebih langgeng terjadi dari pada berantem beneran..hehe…padahal buat aku..situasi seperti ini bisa jadi jauh lebih gak enak… ya iyalaaah…aku bukan typikal orang yang betah nge-diemin atau di-diemin orang… apalagi klo orang itu udah aku sebut teman… karena buat aku psy-war itu gak cuma childish tapi juga useless…plis deh ngapain kita diem2 an berlama-lama… itu gak akan menyelesaikan masalah kan ? apalagi kalau kita yang didiemin gak tau persolannya apa..come on..kita cuma manusia biasa..sedekat atau se akrab apapun sama orang bukan berarti kita langsung jadi paranormal yang bisa nebak mau nya orang… ok..kadang kita bisa kebetulan tau..karena tebakan kita bener..tapi gak jarang untuk satu dan lain hal kita juga harus di kasih tau biar apa yang kita lakukan tepat sasaran… jangankan antar teman..antar orang tua ma anak ato suami istri aja kadang masih harus di kasih tau ato di bicara kan tentang keinginan masing2…kalau sudah di bicarakan ..tinggal pengertian yang berperan… so..? ga perlu kan ada tarik menarik urat kayak gitu..gak capek kah ? apalagi ada yang sampe awet dan betah berhari-hari atau bahkan bermingu sampe berbulan-bulan… halaaaah…gak ada yang lebih penting apa yah…. hhhmmm…. maaf klo gak setuju..tapi buat aku itu aneh ..terutama kalau terjadi di usia seperti aku gini..hehe… belum tua juga siy..tapi udah kurang pantes aja untuk berlaku seperti itu….hhmm….gimana klo udah pernah di kasih tau atau di bicarain masih bikin kesel juga? masih gak ngerti juga ? hayooo….? ya di ingetin laaaah…. bukan nya itu salah satu guna berteman….untuk saling ingetin… aku yakin belum tentu orang itu gak mau mengerti bisa juga karena dia lufaa… niy aku ingetin deh…manusia teh  tempat nya lufaaaa…..apalagi klo dah gede (baca:tua-red) dan berkutat sama banyak hal….. kerjaan lah..urusan rumah lah..utang yang blum lunas lah.. kucing belum di mandiin lah…halaaaah…banyak dunk urusan masing2 orang yang kita gak tau..so…memang semuanya di kembalikan ke karakter masing2 orang… sedikit remind aja…gak da salahnya kita sedikit open mind bahwa untuk menghindari terjadinya psy-war ini kedewasaan berfikir, empati, pengertian dan toleransi sesama sangat penting peranan nya….

Gak ada manusia yang sempurna… tapi selama kita mau buka hati dan fikiran untuk  menjadi labih baik..itulah kesempurnaan hidup yang sesungguh nya..bagi yang masih banyak kekurangan dan keterbatasan seperti aku memang gak boleh berhenti untuk terus belajar..dan bagi yang sudah di beri berkah dengan banyak kelebihan sudilah kiranya untuk selalu ngajarin, ingetin dan jadi penyeimbang yang berkekurangan tadi… insyaallah dengan begitu hidup akan jauh lebih nikmat untuk di jalanin…. setujuu ? gak juga ga pha2 siy..hehe… piss yaaaaah….

23 April 2010 - Posted by | Just thought

No comments yet.

Leave a Reply

