F4tim3's Blog

Just the way I am…

Menerima “Kekurangan”…

Tidak semua orang bisa dengan legowo menerima bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini..banyak orang cenderung ngumpetin kekurangan karena takut lingkungan akan menolak keberadaan mereka, adanya stereotype yang terkondisikan di lingkungan sosial dengan standart nya yang menuntut “kesempurnaan” sering kali memicu kita untuk sulit menerima kekurangan, malu dan bahkan sampe ada yang menganggap itu aib.. wuidiih..lebay jijay...yang muncul akhirnya orang jadi cenderung memandang negatif atas kekurangan orang lain, kita ambil contoh penilaian fisik yang merujuk pada standarnya model , bahwa  seorang perempuan di katakan cantik kalau dia berkulit putih, langsing, tinggi, berambut lurus, mata bulat, dsb..dsb… sehingga bermunculan iklan2 produk yang seolah-olah ikut “ngomporin” standart gak jelas itu… iklan pemutih wajah lah, pemutih kulit, obat ngelurusin rambut, obat kurus.. yang semua nya itu belum tentu aman utk di pakai.. dan fenomena yang muncul akhirnya..perempuan yang berkulit coklat atau gelap ramai2 cari klinik untuk suntik putih… yang berambut ikal atau kriting… menuhin salon dan rela ber jam2 rambut nya di rusak oleh alat catok biar lurus.. pun perempuan yang bermata sipit bela2in di bedah mata nya biar jadi besar….belum lagi dengan yang tidak puas dengan bentuk hidung, bibir, payudara sampe bokong… halah….parah nya ketika semua usaha yang dilakukan tidak berhasil, membuat orang jadi stress, depresi, bahkan sampe bunuh diri…plis deh yaaaa.…… jujur aku kasian sama mereka yang udah jadi “korban” model”.. walau kebanyakan apa yang mereka lakukan dilatar belakangi oleh perlakuan sosial yang kerap menimpa mereka, seperti di kucilkan dari pergaulan, jadi bahan cemoohan teman, bahkan di anggap gak pernah ada oleh lingkungan sekitar… hhmm….mereka gak sadar bahwa selain semua treatment itu bisa merusak diri..juga banyak hal lain yang lebih penting untuk di perhatikan dan di perbaiki..

To be honest… aku sendiri pernah ngalamin rasa nya jadi orang yang “gak di anggap” karena keterbatasan fisik yang aku punya…kulit aku  yang gak putih… fisik aku yang sangat biasa2 aja and standaaaart banget…hehe…nyadar.com, kadangkala di jadikan “obyek” oleh lingkungan sekitar…bikin sensi….jijay banget yah… weeeiiitts….tapi alhamdulillah masa itu udah lewat… aku memilih untuk keluar dan jauhin diri dari lingkungan yang gak sehat seperti itu….however..kalo kita bener2 mau lihat dengan mata dan hati yang terbuka..subhanallah…. sempurna sudah yang Allah ciptakan di dunia ini…. dengan segala kekurangan dan kelebihan nya… karena memang di situlah letak kesempurnaan ..bahwa ada penyeimbang… ada kekurangan pasti ada juga kelebihan nya….percaya dunk..kalo Allah maha baik… sebagaimana Dia ciptakan siang dengan malam nya, bulan dengan matahari nya… laki2 dengan perempuan nya… hitam dengan putih nya..begitu seterus nya…dan percaya juga dunk..bahwa di setiap ciptaan yang Dia buat..selalu ada rencana indah yang mengiringi….dan semua perbedaan itu ada untuk saling melengkapi satu sama lain… wuiidiih..puitis juga yaak..hehe… pernah denger kan istilah..”fisik itu cuma casing”.. itu bener banget gan… lagian kadang aku suka bingung..kenapa siy melulu tentang fisik…? bukan nya kekurangan “inner” itu yang harus nya lebih di waspadai… karena sifat nya yang lebih kekal… naaah… kalau ada yang risau dengan kekurangan yang ini..boleh lah kita sama2 bantu biar jadi lebih baik… misal nya..orang yang suka sirik sama orang… bawaan nya meriang panas dingin tiap kali liat orang lain seneng… gawat ini gan… ato misal orang yang bawaan nya minder trus…di support lah gimana cara biar dia bisa lebih Pede….ato bisa juga orang yang bau badan nya gak enak… di kasih tau lah biar dia sadar akan bau diri nya dan mau lebih rajin jaga kebersihan badan…see,  setiap orang udah ada “bagian” nya masing2..so… lepasin diri deh  “kurungan” kekurangan kita..dengan lebih banyak explore kelebihan diri dengan hal yang bermanfaat dan positif… jangan lupa untuk selalu bersyukur bahwa segala sesuatu ciptaan Allah itu ..indah adanya kalau kita mau menambah sedikit sudut pandang yang kita punya..wokeee …? oya..jangan lupa juga buat yang ngrasa udah kasih banyak kelebihan…harus lebih banyak bersuyur lagi dan toleransi dengan sesama….jangan sombong yaaak….. tau kan klo sombong itu salah satu sifat manusia yang paling di benci Allah SWT…naudzubillah…jauh2 in yaaah…. ^_^

10 May 2010 - Posted by | Just thought

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: