F4tim3's Blog

Just the way I am…

Belajar Menyelam yuuk….

Sudah hampir 1 bulan ini aku menekuni kegiatan yang baru…. kursus Nyelam / Diving, basically aku emang udah lama suka sama yang nama nya berenang..walau hanya dengan gaya seadanya… lumayan lah untuk olahraga sekalian have fun…ide kursus ini berawal dari liburan aku ke Tidung dulu… sejak aku mulai bisa ngatasin rasa takut aku akan laut dengan snorkeling, membuat rasa penasaran aku bertambah… kalau bisa liat pemandangan laut dari atas udah sebagus itu… gimana kalau kita bisa nyelam… ngebayangin bisa nikmatin pemandangan laut dengan bersentuhan langsung bikin aku pengen banget bisa nyelam….as we know… Indonesia sangat kaya akan keindahan laut nya… waah… sayang kan untuk di lewatkan begitu saja anugerah keindahan dari yang Kuasa itu… bahkan aku dapet bocoran dari beberapa informasi media, bahwa Indonesia adalah “surga” untuk menyelam..hhmmm…. jadi tambah semangat niy belajar nyelam nya..🙂

Cari-cari informasi..ternyata untuk nyelam memang gak bisa asal nyemplung kayak snorkeling..tapi banyak tehnik yang harus kita pelajari biar kegiatan nyelam itu sendiri bisa lebih aman dan enjoy.. aku jadi ingat sama salah satu teman yang kebetulan orang Navy, dia pernah nawarin aku nyelam..hhmm..ga ada salahnya aku cari-cari info tentang ini ke dia… singkat cerita..dia bersedia kenalin aku ke salah satu anak buah nya yang memang khusus di bagian penyelaman…. tapi..gak enak juga kan belajar nyelam klo cuma sendiri… dengan mengerahkan ilmu “kompor” yang aku pinjem dari tukang poto..hehe…. akhirnya dapet juga 2 “korban kompor” yang mau sama-sama ambil kursus ini..temen kantor and tukang poto..hahaha….masih team yang sama yaah…..baiklah…

Sekitar bulan April 2010 kursus pun dimulai, pertemuan pertama berlokasi di kolam renang daerah Koja-Jakut, materi nya adalah pengenalan perlengkapan selam.. ada BCD (buoyancy control devices) ada hose (selang udara), mask, snorkel, regulator, mouth fish, naah.. kalo berenang biasanya kita paling takut tenggelam..justru untuk nyelam ini malah susah banget kita tenggelam.. sampe harus di pasangin weight belt segala yaitu sejenis sabuk yang digandulin kepingan besi dengan berat kurang lebih 5kg per buah nya yang berfungsi membantu kita jadi tenggelam.. waah…pertemuan awal yang lumayan baik..walaupun pulang nya kita harus rela jadi ikan bandeng yang di tumpuk dan di goyang abis dalam busway… hhmm… seruu jugaa…. begitu sampe kos baru berasa badan remuk bukan karena abis kursus diving yang harus manggul tabung seberat 20Kg, tapi lebih karena kepadetan dan goyangan busway selama perjalan pulang tadi… ppffhhhh….. capek naaa…

Pertemuan berikut nya kita beralih lokasi ke daerah kolam renang Cilandak KKO, selain kolamnya yang lebih dalem, air nya lebih jernih,  kondisi kolam renang di sini jauh lebih bersih dari pada di kolam renang Koja lalu.. secara harga tiket nya memang lebih mahal..mungkin itu dia pengaruh nya yah… tiket lebih mahal..maintenance kolam mesti nya memang lebih baik… dengan kedalaman kolam sekitar 5 meter an, pertemuan kedua ini memperdalam materi di pertemuan pertama, dengan peralatan yang masing-masing kita pegang sendiri-sendiri.. pertemuan ke dua ini lebih banyak materi juga yang kita dapet..terutama untuk pengendalian tekanan udara di kuping pada kedalaman tertentu yang masih agak sulit aku rasain…walau dah beberapa kali aku coba teken idung, masih sakit juga ternyata kuping kalau kita belum mahir nyesuain tekanan air di dasar kolam bahkan sempet mampir ke kepala sakit nya..hampir2 aja aku mau give up.. punya riwayat vertigo jadi bikin aku rada parno juga… tapi melihat temen-temen dah mulai asik “arisan” di bawah air..hhmm….”senewen” juga aku… akhirnya setelah istirahat sebentar dan minum air anget..perlahan sakit nya mulai berkurang…trus..nyebur lagi deh.. di Cilandak ini temen kantor udah lebih siap dengan kamera underwater nya..jadilah kita ber narsis ria ..cocok banget dengan slogan sambil menyelam kita di foto..hehe…..

sayang..di kolam renang cilandak ini visibility nya kurang bagus… jadi deh..poto yang di ambil pun hasil nya kurang memuaskan…

di pertemuan kali ini kita lumayan puas dengan materi yang kita dapet… ada tambahan ilmu yang kita pelajari di pertemuan kali ini… bahkan tukang poto udah mulai mahir berenang…hehe…. chaiyoooo dueeeh……

bersambung ke Belajar Menyelam 2….

27 May 2010 - Posted by | About Me

No comments yet.

Leave a Reply

