F4tim3's Blog

Just the way I am…

Posesif itu….?

Ada rutinitas yang biasa aku lakukan tiap habis makan siang bersama keluarga di rumah yaitu ngobrol… biasa nya nyokap atau salah satu dari kami  akan mulai buka pembicaraan dengan tanya2 kabar tentang keluarga, pekerjaan, atau kabar terkini seputar kampung halaman nyokap; Jakarta beserta “isi” nya, lagi asik2 nya ngobrol tiba2 kakak aku kedatangan seorang teman sebaya nya seorang ibu beranak 3 yang kebetulan cukup akrab dengan keluarga kami… gabunglah dia dalam obrolan… yang menarik dari kedatang ibu ini ketika dia mulai bertanya ke aku seperti ini  “tin, posesiP (pake P🙂 ) itu apa siy?”…hhmmm…

Dengar kata Posesif jadi ingetin aku akan salah satu lagu nya Naif dengan deskripsi video klip nya yang sederhana tapi pas sama judul nya..”posesif” yang salah satu lirik nya kalo gak salah seperti ini “kalau ku mati..kau juga mati…” hehe…. serem juga yaah…. Ok then..lets talk about it….

Pengertian posesif yang aku dapet dari kamus bahasa inggris ; Possessive is having or showing a desire to take control or dominate, jika di artikan ke dalam bahasa indonesia kurang lebih pengertian nya posesif adalah suatu sikap yang di punyai atau di tunjukan untuk mengontrol atau mendominasi sesuatu atau seseorang. atau jika hal ini terjadi dalam suatu hubungan manusia bisa juga di artikan sebagai suatu sikap yang membatasi ruang gerak pasangan dan merasa bahwa pasangan adalah “milik” nya sendiri… waahhh….. hal ini biasa nya muncul karena rasa cinta yang berlebihan terhadap pasangan sehingga merasa sangat takut kehilangan… contoh konkret nya : melarang pasangan memiliki teman.. melarang pasangan melakukan aktifitas di luar tanpa pendampingan, mengecek setiap menit keberadaan pasangan dan larangan2 lain nya yang kadang tidak jelas maksud nya apa…bahkan dalam skala yang parah posesif bisa sampai melukai pasangan dengan alasan yang tidak masuk akal…. naudzubillah….

Posesif bisa terjadi dalam konteks apapun… dalam konteks Ketuhanan misal nya, jujur harus di akui bahwa Allah memiliki sifat posesif  yang dalam Asmaul Husna hal ini lebih di kenal dengan istilah AlQohar.. bahkan dalam aplikasi nya bisa jadi Allah super posesif terhadap umat Nya, untuk beribadah, menyembah Nya dan berbuat baik terhadap sesama, karena jika tidak di jalankan pasti akan ada konsekwensi nya, dan janji Tuhan adalah pasti..namun..sifat super posesif dalam konteks ini realisasi nya akan sangat positif.. karena kedudukan Nya..maka Tuhan adalah yang Maha berhak atas segala nya…

Berbeda dengan manusia yang masih di hadapkan pada beberapa pilihan…di sadari atau tidak..mungkin kita semua pernah bersikap posesif, entah pada siapapun…termasuk aku juga..😀 …jujur aja lah…. pada dasar nya semua orang memiliki sifat ini, tinggal sekarang kadar dan ukuran nya aja yang perlu di perhatikan… banyak yang menilai posesif merupakan sikap yang cenderung negatif dan merugikan orang lain dan bahkan diri sendiri, kurang lebih gambaran nya akan seperti ini ; ketika aku posesif maka yang ada dalam hati adalah rasa tidak percaya diri, curiga, berprasangka buruk, membenci dan rasa lain nya yang mengotori hati.. tanpa di sadari hal ini akan berimbas pada sikap dan perilaku kita secara fisik sebagai manusia… ciieeee…..kayak psikiater aja yah..😀 ..tapi beneran loh… dalam skala tertentu malah bisa bikin diri kita sendiri gak tenang… tuuuh kaaan…..Bagi orang yang di posesifi (korban), dia akan merasa terkekang, gak nyaman, pelanggaran privasi bahkan bisa sampai ke pelanggaran hak asasi.. waahh….*geleng2 kepala.

Namun adakalanya antara orang yang di posesifi sama orang yang memposesifi punya kadar, ukuran dan batasan sendiri dengan menilai dari sudut pandang tertentu, perwujudan dari perhatian, rasa mengasihi, ingin melindungi dan hal lain yang merupakan apresiasi rasa sayang yang kita punya… selama masih dalam taraf yang wajar dan tidak berlebihan mungkin masih bisa masuk katagori posesif yang wajar… misal nya dengan memperhatikan dengan tidak terlalu banyak mengatur…mengingatkan tanpa mengekang ataupun melarang dengan batasan2 yang masuk akal..  dan hanya manusia yang bersangkutan yang dapat merasakan efek baik dari posesif yang wajar itu tadi.. ya apa iyaa…. pasti seneng dong di perhatikan dan di sayang dengan cara demikian oleh pasangan… percaya deh..sesuatu yang baik sekalipun kalau terlalu berlebihan maka akan tidak baik jadi nya… boleh cinta, boleh sayang..cemburu juga boleh…. tapi tetap saling menghormati dan menghargai privasi masing2… cinta akan berkembang kalau kita pupuk dan kita rawat dengan wajar..dia akan tumbuh dan kuat dengan sendiri nya sesuai dengan kekuatan dan kasih sayang yang di berikan oleh Allah SWT…amiin..soo…jauh2 in deh posesif yang berlebihan demi mendapatkan hubungan yang sehat dan berkualitas…. 🙂

13 August 2010 - Posted by | Accordingly, Just thought

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: