F4tim3's Blog

Just the way I am…

P.M.S

…. Aargghhhh… #$%&*@#$……rasa nya pengen marraaaaahhh ajaaa…. di “senggol” dikit rasa nya mau nerkam… gak di “senggol” malah tambah kesel..duuuh…. di ledekin dikid aja dah pengen nangis …bawaan nya sewot gak jelas.. dah gitu badan pada sakit semua…. memang gak ada enak-enak nya deh klo dah kena PMS..

Hal di atas adalah beberapa gejala dari  “penyakit” pada perempuan yang rutin datang hampir tiap bulan, paling gak itu yang sering aku rasain…kamu juga ? dan yang aku tau, penyakit yang biasa di sebut PMS ini  sampai sekarang belum ada obat nya…hhmm..trus kalo pengen sembuh gimana dunk ? kesan nya serem aja yah… tapi emang lumayan repot kalau dah kena PMS..gak cuma kita yang bete ma diri sendiri..tapi juga orang sekitar biasa nya akan “kecipratan” juga bete nya…

Naaah…. kalo tiba-tiba pacar, kakak, adik, temen ato nyokap jadi rada “aneh” gitu…biar gak salah faham niy… yuuk kita kenalan lebih dalam tentang apa siy PMS..

PMS singkatan dari Premenstrual Syndrom adalah muncul nya beberapa gejala menjelang datang bulan .. atau kalo menurut Om Wiki, PMS “ is a collection of physical, psychological, and emotional symptoms related to a woman’s menstrual cycle, such as bloating or breast tenderness, medical definitions of PMS are limited to a consistent pattern of emotional and physical symptoms occurring only during the menstrual cycle that are of “sufficient severity to interfere with some aspects of life”; merupakan sekumpulan gejala fisik, psikis dan emosi yang berhubungan dengan masa menstruasi perempuan seperti ada nya pembengkakan pada payudara, secara medis, PMS di batasi pola pada gejala fisik dan emosi yang hanya muncul pada siklus mentruasi yang biasa nya cukup pelik berpengaruh dalam aspek kehidupan…

Gejala PMS ini biasa nya dapat di tebak datang nya karena akan muncul beberapa hari menjelang menstruasi, biasanya gejala ini akan lenyap segera setelah atau bersamaan dengan keluarnya menstruasi, biasa nya gejala nya akan berupa :

– Stress berlebihan yang gak jelas daatang nya dari mana..bahkan bisa sampai depresi jika stress nya gak tersalurkan..atau gak ada “tempat’ untuk berbagi..

– Emosi yang  labil alias Cepet marah, naah… yang satu ini lumayan mengganggu stabilitas pergaulan di lingkungan sekitar… karena gak bisa denger omongan yang agak “nyentil” dikit.. akan langsung tersulut emosi nya… ngeriiiy yaaah….

– Oversensitive….repoot deh kalo udah kumat gejala yang satu ini… yang ada di fikiran biasa nya hal-hal yang negatif aja… merasa di jauhin orang lah… merasa sendirian lah… dan merasa-merasa lain nya yang ajaib nya gak jelas datang nya darimana….  gejala ini biasa nya akan dateng satu paket sama cengeng… bawaan nya dah pengen nangis aja… duuuh…. kadang aku sendiri suka gak ngerti bisa tau-tau sediiih bangeeet… sakiit hati gitu … tapi gak tau sedih atau sakit nya kenapa.. aneh yah….

– Mood swing.. gejala yang ini lebih aneh lagi… baru 5 menit yang lalu cekikikan sama temen ngetawain sesuatu eh 15 menit berikut nya tau-tau dah pasang muka perang ..bete gak jelas…hhmm…. capeeek deeeh…..

– Selera makan bertambah…. hehe… kata nya para ahli kesehatan ..hal ini merupakan panggilan “alam” karena tubuh akan menyimpan energi lebih banyak yang akan di keluarkan pada saat menstruasi..

Seperti yang aku sebut di atas..bahwa gejala ini gak ada obat nya…. karena dia akan datang dan pergi dengan sendiri nya…kalo kata dokter bilang siy…ini pengaruh hormonal aja… memang gak bisa di sembuhin atau di ilangin dengan obat..tapi karena kita yang paling tau siklus menstruasi diri,  biasa nya kita akan mudah kenalin gejala ini… kan udah rutin tiap bulan dateng… paling kita bisa meminimalisasi agar efek gak enak nya gak sampe merugikan baik diri sendiri atau pun orang lain… yang sering aku terapin mungkin bisa juga di terapin ma yang lain..siapa tau efektif… kayak gini niy..

– Cari orang buat temenin yang bisa bikin kamu nyaman cerita apa aja…. entah suami, pacar, teman, sodara, sahabat… kalaupun gak bisa nemenin secara fisik… bisa telepon atau chatting .. coba ngobrol tentang apa aja… kalau bisa yang bikin kamu ketawa…biasa nya cara ini lumayan membantu ngatasin “rasa gak enak” yang sering muncul karena PMS.

– Menangis lah…jangan di tahan..karena dengan menangis pada masa PMS ini..tubuh membantu kita mengeluarkan hormon stress.. coba deh.. pasti udah nya akan merasa lebih baik…

– Sekiranya kita sulit kendalikan emosi… dari pada marah-marah sama orang yang gak tau apa-apa..mending hindarin dulu percakapan yang tema nya bisa mancing emosi…

– Lakukan aktifitas yang bisa menghibur diri atau bikin kamu seneng .. misal nya nonton, jalan-jalan , windowshoping, dengerin musik, baca2 …de el el..

– Makan pisang..hhmm….banyak pakar menyarankan dengan mengkonsumsi pisang akan mengurangi rasa sakit pada saat menstruasi dan bantu nyeimbangin hormon….walau jujur aku pribadi ngerasa gak begitu nge fek..tapi sapa tau buat kamu ngefek.. kondisi perempuan kan beda-beda yah…

– Olahraga , di percaya dapa membantu seimbangkan kadar hormon pada perempuan menjelang menstruasi, yang artinya dengan olah raga gejala PMS akan bisa berkurang.. atau gak parah-parah amat deh…

Buat bapak, om, mas, abang yang sempet baca ini… jangan bingung, bete, marah..atau menghindar yah kalau perempuan di sekitar mu tau-tau bereaksi seperti di atas tadi… banyakin lagi sabar nya dan jangan panik juga…gejala ini cuma datang sebentar dan hanya sebulan sekali….kadang perempuan juga gak mau kok berurusan dengan “penyakit”  yang bernama PMS ini…so..berbesar hati lah untuk mengerti kondisi ini… kadang mereka cuma perlu di temenin, di peluk dan di dengerin aja keluh kesah nya untuk bantu lewatin masa ini dengan aman… ^_^

25 August 2010 - Posted by | About Me, Accordingly, Health Concern

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: