F4tim3's Blog

Just the way I am…

Indah nya Perbedaan…

….bahkan kucing dan ajing pun udah bisa sehati sekarang…🙂

Terinspirasi oleh ilustrasi di atas… bikin aku jadi pengen nulis tentang tema ini, aku bukan pakar..aku hanya manusia biasa yang prihatin atas banyak nya kejadian bentrokan yang menghiasi pemberitaan di media akhir-akhir ini…mulai dari bentrokan antar suami istri, teman bahkan sampai ke bentrokan antar kampung, partai politik… dll..dll…..hhhmm…..

Banyak di antara kita berpendapat..bahwa..untuk sejalan..segala nya harus sama….. yaa… harus di akui bahwa persamaan dalam hal tertentu kadang bisa menjadi sesuatu yang perlu juga….karena bisa jadi motivasi kita untuk bisa berjalan seiringan…dan aku termasuk salah seorang yang setuju akan pendapat itu…biasa nya hal ini berhubungan dengan perihal yang bersifat lebih pribadi … tapi kalau sampe urusan yang bersinggungan dengan ranah sosial, seperti pilihan kepercayaan, pergaulan, warna favorit, makanan kesukaan, pendapat dan lain nya di paksakan harus sama siiy…hhmm…. gak segitu nya kali yaaah…..

Adakala nya perbedaan itu perlu.. walau pada akhirnya kita sepakat pada keputusan yang sama, at least mengemukakan pendapat bisa menambah kekayaan pertimbangan dan reminder resiko dari keputusan yang akan di ambil bersama…seorang teman pernah mengeluh…ternyata  terlalu banyak persamaan dengan pasangan bisa jadi penyebab retak nya hubungan… kenapa …?  jenuh yah..monoton… flat..alias itu-itu aja…. gak ada “riak” nya… bahkan laut aja terlihat indah kalau di hiasi riak dan ombak…🙂 ..

Being different menurut aku bisa jadi “pembeda” kita dengan yang lain…. in positive way… berbeda gak selama nya buruk kaaan ?  coba kita perhatikan ketika kita berada dalam suatu kelompok percakapan, akan jadi lebih seru percakapan ketika muncul pendapat yang berbeda akan suatu topik pembicaraan…bahkan tanpa di sadari kadang pendapat yang berbeda itu malah menambah wawasan kita ..dengan mengantarkan kita berfikir dari sudut pandang yang berbeda….. sangat di sayang kan..belum semua orang bisa benar-benar bisa menerapkan untuk menerima perbedaan secara lebih positip, entah dalam hal fisik maupun pemikiran…. dalam skala yang parah malah bisa membuat orang jadi berantem bahkan saling bunuh demi mempertahan kan pendapat atau pemikiran sendiri yang di anggap nya lebih benar dan lebih baik…. di situ memang letak penyakit nya… merasa diri memiliki pendapat lebih baik, lebih pintar, lebih berkualitas dan lebih benar dari orang lain membuat nya menolak dan menutup diri dari perbedaan, yang ada yaaa…udah bisa ketebak kan situasi nya akan seperti apa…..

Ketika konsep pemikiran manusia udah mentok dan merasa sulit berjalan beriringan dengan menerima perbedaan , coba kita kembalikan kedalam konsep beragama, Tuhan memang ciptakan kita semua berbeda satu sama lain untuk saling mengenal dan melengkapi, bukan ? dan gak ada satu mahluk pun yang di ciptakan sama persis…. fisik mungkin bisa mirip tapi isi kepala ? pemikiran ? isi hati ? bahkan untuk ke Roma pun jalan nya bisa beda-beda bukan… selama perbedaan itu memiliki tujuan yang baik … dan masing-masing pihak bisa menyikapi nya dengan baik …. yang tidak merugikan atau menyakiti siapapun atau pihak manapun… yuuk..kita mulai dari diri sendiri dengan buka mata dan hati kita lebih luas lagi untuk sama-sama belajar lebih toleran menerima perbedaan… biar gak ada deh tuh ribut-ribut gak penting… apalagi sampe berantem yang akan membuat kita saling tersakiti… gimanaa ? peace yaaahhh…..🙂

19 September 2010 - Posted by | About Me, Just thought

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: