F4tim3's Blog

Just the way I am…

Don’t be Sad…

... hiks..hiks…. I do hate to feel this way…. sad is the word that I always try to avoid…

Jangan Sedih yaa… sabar… hanya kata itu yang terucap ketika ada teman atau aku sendiri lagi merasa sedih… kenapa kita bisa sedih yah… gimana siy cara nya biar gak sedih…sedih itu baik atau buruk  siy ? ada gak ya di dunia ini orang yang gak pernah sedih…. ?

Sedih adalah ungkapan rasa yang dimiliki oleh manusia atas kekecewaan, sakit atau berada dalam situasi yang tidak menyenangkan, banyak cara orang mengekspresikan sedih yang mereka rasakan, ada yang menangis, ada yang diam, menarik diri dari pergaulan, ada yang teriak-teriak atau bahkan ada yang melampiaskan nya ke makanan, dengan cara makan secara berlebihan misal nya, atau dengan memilih jenis makanan tertentu untuk di konsumsi sebagai obat penghilang sedih, seperti coklat yang di percaya dapat memberikan rasa senang karena mengandung anti depression di dalam nya.

Pengertian sedih yang aku kutip dari tante Wiki, adalah suatu emosi yang di tandai oleh perasaan tidak beruntung, kehilangan dan ketidakberdayaan, dapat di pandang juga sebagai penurunan suasana hati sementara.

Sangat manusiawi lah ketika ada orang yang merasa sedih, maka akan menjadi tidak bijak ketika kita coba mengkotakan tentang sedih ini menjadi suatu hal yang baik atau buruk…

Sedih bisa di sebabkan oleh muncul nya masalah dalam hidup, padahal kita tau bahwa tidak ada satu manusiapun yang tidak memiliki masalah dalam hidup nya, entah dalam skala yang kecil atau besar..semua orang pasti punya masalah, tinggal bagaimana manusia menyikapi masalah nya masing-masing, ada yang dengan diam aja udah cukup karena dia percaya waktu yang akan membawa masalah itu pergi, ada yang di fikirin sampe gak bisa tidur , ga enak makan, karena dia mencari solusi yang di anggap nya paling tepat, ada yang coba sharing demi mendapatkan ide atau saran untuk solusi permasalahan yang di hadapi.

Sedih bisa juga terjadi ketika kita tidak mendapatkan apa yang kita ingin kan, atau sesuatu terjadi tidak seperti yang kita ingin kan, seringkali kenyataan memang tidak sesuai dengan keinginan kita, tapi kita tetap harus menerima dan menjalani nya kan… ? karena menolak kenyataan hanya akan membuat kita terombang – ambing dalam ketidakjelasan..atau lari dari kenyataan malah bisa bikin kita jadi tambah stress…

Adakala nya sedih yang kita rasa kan karena ada nya faktor luar, ada nya pembicaraan yang menyinggung perasaan, atau mengecilkan harapan, menciutkan cita-cita, meragukan keyakinan atau ungkapan yang mempermalukan… atau bisa juga karena kita kehilangan yang kita sayang… di tinggalkan oleh orang yang selama ini selalu ada buat kita seringkali meninggalkan kesedihan yang mendalam, merasa diri tidak layak, minder yang dalam skala parah nya bisa sampai pada titik putus asa..

Memang gak enak kalo udah di rundung sedih… kadang sulit juga kita untuk menghindar….  seorang teman pernah mengingat kan..bahwa sedih adalah “tamu rasa”.. seperti hal nya marah, benci ataupun cinta… jika kita ladenin dan jamu dia dengan baik..akan semakin lama dia tinggal… tapi jika kita hiraukan keberadaan..dia akan berpulang dengan segera… dan semua nya di kembalikan pada sang tuan rumah… jikalau memang dia sudah terlanjur datang dan masuk ke rumah..jamu lah dia..tapi dengan makanan Harapan bahwa di balik kesulitan akan ada kemudahan, beri dia minuman Ikhlas bahwa segala sesuatu nya adalah kehendak Allah dan beri juga camilan Doa, agar senantiasa di beri kemudahan oleh Nya…jangan lupa untuk tambahkan oleh-oleh Sabar karena Allah tidak akan memberikan ujian di luar kemampuan hamba Nya.. dan terakhir katakan bahwa dia tidak usah berkunjung lagi…🙂

Sesungguh nya segala sesuatu bagi seorang muslim adalah baik adanya… karena ketika mendapat nikmat dia akan bersyukur dan ketika mendapat musibah dia akan bersabar….

5 October 2010 - Posted by | About Me, Home, Just thought

2 Comments »

  1. Sepakat sedih merupakan tamu rasa…. Ada kutipan dari bukunya mengenaldiri karangan frans maksis suseno dia menulis bahwa sedih merupakan hak yang hakiki pada setiap diri manusia krn itu merupakan ungkapan hati yg perasaan yg tak pernah bohong…

    Comment by teguh | 7 October 2010 | Reply

  2. @M’Teguh : btooll..hati mmg gak bisa bohong..yg sering bohong itu casing nya doangan yaak… hehe… thanks yaa..

    Comment by f4tim3 | 7 October 2010 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: