F4tim3's Blog

Just the way I am…

Cemburu…

Banyak orang bilang, ada nya rasa cemburu dalam diri adalah salah satu bukti cinta..begitu kah..? dan banyak juga yang setuju bahwa perempuan lebih mudah cemburu dari pada laki-laki.. really ?

Dari Viva news aku kutip, Cemburu adalah sebuah emosi negatif yang timbul karena ada nya rasa tidak percaya kepada pasangan… hhmm..

Kapanlagi.com mengartikan cemburu sebagai berpindahnya rasa kasih sayang ke orang lain atau ke suatu benda yang membuat anda merasa di nomor duakan atau mungkin di anggap tidak ada… kasiaan yah

Cemburu bisa terjadi karena ada trigger nya, selama ini aku belum pernah menemukan rasa cemburu tanpa sebab…trigger itu bisa berasal dari diri sendiri, merasa diri kurang mampu, merasa diri kurang baik, ada perasaan tidak aman akan sesuatu.. yang dalam perjalanan nya merasa-merasa itu menjadi suatu asumsi yang membentuk pola fikir kita seolah-olah memang benar ada nya, bisa juga berasal dari luar yaitu ada nya ketidak jelasan akan sesuatu, atau ada nya perlakuan diskriminatif dari orang lain yang  membuat diri jadi berfikir negatif…

Rasa cemburu bia terjadi dimana saja, di dalam kehidupan keluarga, antar saudara, di kantor bahkan dalam pertemanan atau pun hubungan dengan pasangan..hhmm…kayak nya lebih seru niy kalau yang kita bahas adalah cemburu yang terjadi pada hidup berpasangan…

Lets open our mind widely…🙂

Seperti hal nya kebanyakan orang, aku pun pernah kok ngerasain cemburu..sering malah…hehe…dan biasa nya hal ini terjadi ketika kita menyukai sesuatu..jadi ada benar nya juga tuh ungkapan cemburu itu tanda nya suka.. hehe… tapi cemburu yang gimana dulu niy…. dalam hal hidup berpasangan aku melihat bahwa kadar cemburu nya kaum perempuan lebih besar dari pada laki-laki… bisa iya bisa juga iya…hehe… berarti emang iya dunk…dari pada benjol ngaku aje deh… mostly memang begitu siy… tapi bukan berarti cowok gak bisa atau gak ada yang cemburuan yah…hanya beda nya..laki-laki lebih pintar aja mengemas rasa cemburu nya dalam bentuk yang lebih halus dan hampir tak terlihat…tapi gak menutup kemungkinan bisa juga lebih ekpresif bahkan ekstrem bahkan kalau sudah berlebihan gak cuma jadi posesif aja tapi kekerasan fisik pun di lakonin… duuh..amit-amit yah…

Berdasarkan pengalaman pribadi, cemburu merupakan ekspresi dari ada nya rasa takut atau khawatir kita akan kehilangan, .. manusiawi siy sebenernya yah…😉 .. untuk lebh jelas nya ini niy beberapa hal yang dapat memicu rasa cemburu :

  1. Rasa tidak aman; ada nya perasaan takut di tinggalkan atau ada nya ketakutan hubungan yang di jalanin tidak akan berhasil biasa nya menjadi pemicu utama rasa cemburu, adalah kewajiban dari pasangan  memberikan jaminan untuk menenangkan bahwa semua nya akan baik-baik aja.
  2. Posesif ; ada nya keinginan untuk menguasai pasangan sepenuh nya dengan cara yang berlebihan yang dalam praktek nya kadang bisa jadi sangat menganggu pasangan.
  3. Kurang Komunikasi ; untuk yang satu ini sering banget aku sebutin di oret-oretan aku sebelum nya, bahwa komunikasi sangat penting dalam menjalin suatu hubungan yang baik. bukan berarti setiap detik harus sms hanya untuk kasih tau lagi ngapain atau dimana dan sama siapa, tapi komunikasi yang qualitatif yang selalu mau membicarakan setiap persoalan antar pasangan yang wajib di jaga, bahkan walau hanya untuk sekedar mengeluh.. mungkin laki-laki cenderung tidak mau merepotkan perempuan dengan keluhan yang dia punya, tapi percaya deh, perempuan akan lebih senang mendengar keluhan itu langsung dari pasangan nya dari pada dia tau bahwa pasangan nya menceritakan keluhan itu ke orang lain.
  4. Tidak Percaya; kalau hal yang satu ini aja udah ga ada, gimana cara hubungan bisa berjalan lancar… coba untuk memberi kepercayaan pada pasangan dan beri kesempatan dia untuk bicara tanpa mematahkan perkataan nya agar gak ada yang terluka yang bisa berakibat buruk terhadap kelangsungan hubungan.

Dari sisi agama,Islam memuji laki-laki yang memiliki rasa cemburu, karena cemburu merupakan isyarat adanya perasaan cinta, namun Islam pun memberikan batasan-batasan sejauh mana cemburu itu di perbolehkan sehingga tidak merusak kebahagian rumah tangga,  suami yang sholeh harus mampu memahami hal ini, agar dapat mewujudkan kehidupan Yang sakinah, mawadhah, dan rahmah. seperti dalam sabda rasulullah saw dari Abu Hurairah :   ” Allah itu pencemburu dan seorang mukmin juga pencemburu, Kecemburuan Allah itu bila ada seorang hamba datang kepada-Nya dengan perbuatan yang diharamkan-Nya. (HR. Bukhari).   Dari Ibnu Mas’ud ra. Berkata, sa’d bin Ubadah berkata, ” Kalau ketahuan ada seorang lelaki bersama istri saya, akan saya potong lehernya dengan pedang sebagai sangsinya.”   Bersabda rasulillah saw. : ” Herankah kalian dengan cemburunya Sa’ad itu ?, ketahuilah bahwa saya lebih cemburu dari padanya. Demi Allah saya cemburu karena kecemburuan Allah terhadap perbuatan keji, baik secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi ” (HR. Bukhari)

In positive way cemburu itu baik, karena jika seseorang  yang tidak mempunyai rasa cemburu, dia tidak dapat menjaga kehormatan Istrinya/ Suaminya, sebagai mana dalam Sabda Rasulillah saw : ” Tiga golongan yang tidak bakal masuk surga : orang yang durhaka terhadap bapak ibunya, Duyuts ( Orang yang tidak mempunyai rasa cemburu), dan perempuan yang menyerupai laki-laki.” ( HR. Nasai dan Hakim).

Ternyata memiliki rasa cemburu itu memang perlu juga yah..waah..senang nya..🙂 .. selama penyebab nya masih masuk akal dan kita tau batasan-batasan nya… juga mengerti bagaimana meng ekspresi kan nya… silahkan deh cemburuin tuh pasangan masing-masing…🙂 .. jadi suka bingung juga kalau ada orang yang sama sekali gak pernah ngerasa cemburu terhadap pasangan nya… kok bisa yaaaa…..

11 October 2010 - Posted by | Health Concern, Just thought

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: