F4tim3's Blog

Just the way I am…

Orang cakep nasib nya lebih baik ?

Membaca blog tetangga tentang kebahagiaan dan keberhasilan lebih banyak di nikmatin oleh orang yang berparas cakep membuat aku  jadi tertarik ikutan ngebahas ini….

Perlu di akui, penampilan fisik menunjang kita dalam bersosialisasi, dan memiliki wajah cakep bisa jadi akses untuk dapetin apa aja dan masuk ke area manapun yang dia mau..  contoh aja artis, banyak dari mereka yang memang menjadikan kecakepan wajah dan tubuh nya sebagai modal “jualan”  lalu menjadi terkenal dan meraup banyak keuntungan dari situ…

Aku pun pernah punya pengalaman tentang ini, sebagai salah seorang yang memiliki wajah cakep… weeiitss…di larang protes…. hehe…. maksud nya pengalaman yang berhubungan dengan pekerjaan aku, pada saat rekruitmen..waktu menerima CV yang pertama akan di lihat adalah poto, baru kemudian kita baca isi nya, somehow dari bentuk wajah kadang bisa “kelihatan” seperti apa karakter seseorang…. mungkin mbak ato mas yang pernah belajar psychology lebih faham tentang cara nya bagaimana…walaupun bukan harga mutlak… paling gak..bos aku pun mengakui nya… bahkan kalau beliau lebih parah lagi… beliau yang 100% jepun tulen hanya mengklasifikasi manusia menjadi dua bagian, yang berwajah cakep pasti baik orang nya, dan yang berwajah kurang cakep menurut beliau biasa nya kepribadian nya pun kurang baik…. naah looohpantesan dia beberapa kali kena tepong orang cakep..hehe…Repot juga kadang aku ngimbangin nya… jujur aja engineer yang banyak apply ke kantor hampir semua nya berparas rata-rata… hehe..*piss yak , tau sendiri engineer kan lebih banyak bekerja di site, sering kepanasan, bergelut dengan alat-alat berat..dan kadang untuk mandi pun mungkin jarang… hehe… betul ato betul.. ? *piss lagi ah… jadi hampir kebanyakan dari mereka jarang yang benar-benar merawat penampilan… tapi aku salut untuk dedikasi kerja nya..dan yang jadi masalah.. engineer yang cakep-cakep itu gak ada..eh salah..maksud nya..engineer yang cakep gak selalu memenuhi kualifikasi skill yang di minta user….tuuh repot kaan….😉

Kembali ke topik tentang orang cakep, tahun 2008, majalah psychology “Maart” mengumumkan hasil penelitian nya bahwa orang cakep nasib nya lebih baik daripada yang berparas rata-rata…bahkan di Inggris pernah ada penelitian di suatu perusahaan dan mendapatkan data pekerja laki- laki yang berparas cakep memiliki penghasilan 15% lebih tinggi daripada pekerja laki-laki dengan paras biasa aja pada posisi dan jabatan yang sama..waaahhh….gak beres niy… tentu ini bisa jadi potensial konflik … ya semua juga mau nya siy terlahir sebagai mahluk cakep kaan…? paling gak, cakep yang sesuai dengan standart perusahaan…. tambah gak beres lagi niy..

Untuk jenis pekerjaan tertentu..mau gak mau..perusahaan di tuntut untuk memenuhi selera publik…terutama dalam hal menunjuk siapa yang akan menjadi brand ambasador dari produk yang dia keluarkan… contoh yang lagi rame baru-baru ini adalah pemilihan bintang sabun lux yang akan menggantikan posisi luna maya, kalau di lihat dari para kandidat nya..so pasti semua nya cakep-cakep… dan oke..untuk yang satu ini aku lumayan setuju deh…  secara perusahaan harus bisa yakinkan calon customer kalau mereka pake produk nya nanti bisa jadi secantik bintang-bintang iklan nya…. *boong banged yaak

Untuk jenis pekerjaan lain yang lebih result oriented, cakep atau gak nya seseorang buat aku gak bisa jadi jaminan… karena kalau udah bicara skill.. orang yang paras nya yang biasa aja dengan skill yang luar biasa tentu akan menjadi prioritas dalam rekruitmen, ngapain juga hire orang cakep kalau gak bisa kerja, coba kalau kita hire orang biasa aja dengan kemampuan bekerja luar biasa..percaya deh..dia akan keliahatan lebih cakep dari yang bener-bener cakep sekalipun…😉

Pada perempuan, pelabelan cakep atau gak cakep merupakan hal yang sangat sensitif, terlebih jika ukuran cakep nya hanya pada penampilan fisik semata, dalam perjalanan hidup aku, banyak aku temuin perempuan yang cakep secara fisik tapi bernasib kurang baik, misalnya ada yang jadi istri simpanan, jadi PSK…dan aku cuma bisa bilang “kasihan…” , banyak komentar keluar dari orang-orang sekitar.. “sayang yah cakep-cakep bla bla bla….. ” yaaah..hak mereka lah untuk memilih jalan hidup masing-masing… walaupun banyak diantara mereka yang akhirnya banyak mengeluh… ya itu sudah resiko dari pilihan yang udah mereka buat… menggunakan “kecakepan” untuk memperoleh banyak keuntungan ….

Jadi sekarang kalau masih ada yang bilang hanya orang cakep yang nasib nya lebih baik ? belom tentu juga kaan… beruntunglah bagi mereka yang ,eang di anugerahi paras cakep dan bernasib baik… tapi gak kalah beruntung juga bagi yang merasa punya paras biasa saja… karena kebanyakan mereka akan menghargai sesuatu yang lebih dari sekedar fisik semata…  dan sampai saat ini aku masih percaya, bahwa kecantikan dari dalam itu jauh lebih penting… karena orang yang hati nya cakep..biasa nya akan terfleksi kan di wajah nya….😉 , pernah liat kan orang yang secara fisik biasa aja tapi nyenengin… kayak aku…hehe.. huex…  dan ada orang yang secara fisik cakep tapi bosenin… naaah…. itu dia…biasa nya yang kayak gitu tuh orang cakep yang “terlalu sadar diri” kalau mereka cakep… jadi sombong deh tuh ujung-ujung nya…. don’t be yaaah…😉

Bagaimana dengan rejeki..? heeyy… jangan terlalu sempit memberi pengertian cakep yah… pertama,yakin lah kalau rejeki itu udah ada yang ngatur… kedua,untuk tampil cakep gak harus punya idung mancung ataupun kulit putih…selama kita punya keahlian yang di imbangin dengan penampilan bersih,gak bau badan, sopan, dan kepribadian santun… banyak perusahaan yang ingin hire kamu jadi karyawan nya…. so.. pede aja kaleeee..😉

As we’ve heard many times that the most beautiful things in the world can not be touch or even seen..it is only can be feel by the heart…

4 November 2010 - Posted by | Just thought, Work Field

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: