F4tim3's Blog

Just the way I am…

Karimun Jawa : for fun and dive – Chapter 1

Keinginan untuk pergi ke Karimun Jawa – Jepara (Jawa Tengah)  ini sebetulnya udah lama banget ada, selain untuk melepas jenuh, refresing, dan Diving tentu nya…udah lumayan lama niy gak “nyelem”, kasian kan kalo wetsuit nya kelamaan nganggur..hehe…sekalian buat isi log book diving  biar cepet penuh… ;)… terdorong juga oleh rasa penasaran pengen buktiin sendiri omongan dan gambar yang di aplod orang-orang  tentang keindahan alam di Karimun Jawa, hmmm..lumayan buat belajar jepret photo,pasti banyak spot bagus untuk poto-poto di sana…. Masih dengan team yang sama, terdiri dari aku, tukang poto dan teman kantor, kami pun mulai menyusun rencana, searching sana – sini cari informasi sebanyak-banyak nya tentang Karjaw, dari rute dan alat transportasi menuju ke sana, fasilitator untuk tour pulau selama di sana, update kondisi alam dan cuaca, pencarian fasilitator diving, siapkan budget sampai ke rencana pengajuan cuti, semua hal kami siapkan agar perjalanan ini nyaman.

Trip kali ini sempet di awali dengan keragu-raguan, karena perihal pekerjaan yang besar berpengaruh kepada approved dan tidak approved nya cuti kami semua, tapi alhamdulillah… akhir nya hari jumat, tanggal 12 November’10, kurang lebih  jam 19.00 dari terminal bis rawamangun berangkat juga kami ke Karimun Jawa, menggunakan bis malam Shantika perjalanan Jakarta-Semarang menghabiskan waktu kurang lebih 9,5 jam.. phuuiihh…. lumayan bikin badan capek..seingat aku, terakhir aku lakukan perjalanan panjang antar provinsi menggunakan bis adalah waktu masa kuliah dulu, aku bisa menghabiskan waktu kurang lebih sekitar 16 jam perjalanan dari kota asal ku ke Malang, waktu itu perjalanan darat sedemikian lama aku rasakan sebagai hal yang biasa… mungkin karena faktor “U”, perjalanan 9-10 jam an kali ini terasa lumayan melelahkan…🙂

Oya, for your information, sebagai fasilitator selama trip di Karimun Jawa ini kami pilih “Karimun Jawa for Backpacker”, yaitu salah satu “agen” jasa tour ke Karimun yang informasi nya kami peroleh dari situs Facebook.

Hari sabtu tanggal 13 Nov 2010, menjelang pagi sekitar jam 5 an, kami pun di tiba di depan pelabuhan Tanjung mas- Semarang, wajah loyo, mata ngantuk, badan capek… bisa kebayang kan seperti apa tampilan kami waktu itu… tapi senyum kami tetap manis mengingat beberapa jam kedepan kami akan tiba di tempat tujuan, memasuki pelabuhan Tanjung mas pagi itu kami sempet di hadang genangan air yang lumayan tinggi, karena taxi yang kami naiki tidak menyanggupi untuk melewati nya, kami pun lanjutkan perjalanan dengan ojek, kurang lebih jam 06.00 pagi , akhirnya sampai juga di Dok nya kapal Kartini, kapal yang sesuai sechedule akan membawa kami ke pulau Karimun Jawa pada jam 09.00 pagi nanti, karena kami tiba kepagian..waktu luang pun kami pakai untuk photo-photo di sekitar pelabuhan Tanjung mas.

Sekitar Jam setengah 9an, kapal kartini pun merapat,

Ada beberapa rombongan yang juga berangkat dengan tujuan yang sama dengan kami, bahkan ada beberapa rombongan turis bule juga yang kami temui, sepertinya Karimun Jawa mulai di kenal mancanegara juga yah..syukurlah… kapal dengan kapasitas penumpang sekitar 100 an orang itu terbagi menjadi 2 lantai, untuk kelas bisnis ada di lantai 1 dan kelas executif nya di lantai 2, ternyata pembagian kelas hanya di bedakan dengan posisi lantai nya aja, karena untuk fasilitas lain nya semua nya sama, dari tempat duduk, AC, dan Tipi yang memutar pilem-pilem dvd, lumayan nyaman lah untuk perjalanan 3-4 jam an yang akan kami tempuh menuju pulau Karimun Jawa,

Mengingat perjalanan yang udah lumayan panjang dan kehawatiran akan “jackpot”, terpaksa aku minum antimo, dan seiring dengan bergerak nya kapal dari pelabuhan Tanjung Mas, aku pun mulai tertidur.

Di tengah perjalanan sempat aku di bangunkan oleh lapar, dan ternyata my travel mates pun merasakan hal yang sama…hehe… alhamdulillah… bekal alakadar nya yang aku bawa pun akhirnya bermanfaat.

Sekitar jam 1 siang, kapal Kartini akhir nya merapat di dermaga pulau Karimun Jawa,

Kedatangan kami di sambut gerimis yang sempet bikin miris.. tapi melihat laut sekitar dermaga yang biru dan tenang… kami berusaha untuk optimis, dan tetap berharap bahwa hujan akan datang sementara saja hanya untuk numpang lewat.

Diantar oleh Monel, sang tour guide, kami di antar ke hotel Escape, untuk istirahat dan makan siang, lokasi hotel sangat strategis dengan view langsung ke laut membuat kami semua langsung jatuh hati, sayangnya hal ini kurang di imbangin dengan kualitas service nya yang memadai, but its ok.. kami tetap berusaha enjoy… sayang lah..udah jauh-jauh datang ke sini kalo harus rusak suasana dengan memperbesar masalah service hotel…yah.. banyak maklum aja deh…😉

Sekitar jam 4 sore nya, kami di jemput lagi untuk di ajak ke lokasi tour yang pertama, pantai Nirwana, karena jumlah team kami yang hanya 3 orang, kami pun di kenalkan dengan team travel lain nya, jadilah kami ber 6 memulai tour siang itu bersama, hanya butuh beberapa menit saja kami sudah sampai di lokasi pantai Nirwana, sekilas pantai ini mengingatkan aku akan perjalanan ke Belitung dulu karena lokasi nya yang mirip dengan pantai Tanjung Binga dan Tanjung Kelayang .. dengan batu-batuan nya yang menghiasi bibir pantai.

Ada resort nya yang lumayan terkenal dengan rate yang lumayan mahal, kata nya siy harga nya kisaran 3 juta-an rupiah per malam…. minat ? ini gambar nya….

Gak tahan dengan bening air laut nya, my travel mates bergegas nyebur untuk snorkeling , sayang kondisi aku yang gak memungkinkan, membuat aku harus sabar menahan diri untuk gak ikutan nyebur….

Kurang lebih sekitar jam 5.30 sore, kami pun kembali ke resort untuk istirahat dan persiapan dinner.

Dinner malam pertama kami di ajak “turun kota”  Karimun Jawa oleh monel, seperti pusat keramaian di daerah pada umum nya, pusat kota yang di maksud adalah alun-alun, tempat dimana banyak warga berkumpul untuk sekedar hang out atau jajan, kebetulan malam itu malam minggu, jadi  alun-alun ramai oleh warga yang berjualan, tampak beberapa pengunjung seperti kami juga sedang menikmati malam sambil lesehan makan mie ayam atao roti bakar yang ada di jual di sekitar alun-alun.

Menu kami makan malam itu adalah seputar makanan laut, ikan bakar jadi lauk utama nya, sayang kami lupa mengabadikan santapan nya karena udah keburu kami sikat, biasalah… lapar..hehe…sebelum kembali ke resort, kami sempatkan bertemu dengan mas Nurul, dive guide yang akan memfasilitasi kami untuk diving di hari senin, selesai negosiasi untuk sewa alat perlengkapan diving, kami pun meluncur pulang menuju hotel untuk istirahat, lelah yang tersisa dari perjalanan panjang  Jakarta – Karjaw, di tambah aktivitas di hari itu membuat kami semua langsung tertidur pulas, re charge tenaga untuk lanjutkan aktifitas esok hari.