F4tim3's Blog

Just the way I am…

Karimun Jawa : for fun and dive – Chapter 3

Finally… sampe juga kita ke acara inti yang sudah di nanti sejak kemarin.. Diving Time..!!

Sesuai kesepakatan sebelum nya, yang akan menjadi dive guide kita kali ini adalah mas Nurul,  Rescue diver keluaran POSSI ini sangat concern akan perlindungan biota kekayaaan laut Karimun Jawa, sebagai salah satu local dive guide ber – license: tau, hafal dan mengerti iklim spot diving Karimun Jawa adalah salah satu keharusan dan menjadi bagian dari “modal”  untuk mempromosikan keindahan laut di sana.

Hari senin, pagi sekitar jam 8, selesai sarapan, kami pun di jemput untuk di antar ke pelabuhan, lengkap dengan kostum selam, hari itu kami mulai dengan semangat 45 !

Alhamdulillah, seakan menjawab doa kami sebelum nya…cuaca hari itu cerah sekali..

Kami pun bergegas menuju lokasi spot diving yang pertama,

Sebelum terlanjur basah, kami sempatkan diri untuk pose dulu.. so..here we are.. me and my buddies dive…

Spot diving kita yang pertama adalah tempat karam nya kapal peninggalan jaman dulu, spot ini lebih di kenal dengan istilah Indonor Wreck , di tempuh dengan perahu sekitar 45 menit an dari pelabuhan Karjaw, kami pun sampai di lokasi, kapal dengan panjang asli nya sekitar 80 meter an itu bisa di “sentuh” pada kedalaman 15-18 meter an dari permukaan laut, setelah makesure bahwa peralatan yang kami pakai semua nya aman dan siap pakai, tak lupa di awali dengan berdoa bersama, kami pun mulai menyelam, menelusuri peninggalan sejarah yang mulai karam sejak tahun 1958.. entah karena sudah hampir 2 bulan aku gak diving, atau memang terlambat equalizing nya, di kedalaman 5 meter an, kuping aku sakit banget, sempet panik juga karena upaya equalizing beberapa kali tidak berpengaruh, dan kuping aku semakin sakit, pengen give up aja rasa nya waktu itu..hhmm…. teringat pesan instruktur aku waktu kursus dulu..calm down…tenangkan diri dalam keadaan apapun… tetap bernafas dengan teratur.. sambil coba terus melanjutkan penyelaman menuju kedalaman berikut nya..alhamdulillah..berangsur-angsur sakit nya pun hilang..bahkan pada kedalaman kurang lebih 8 meter an, mas Nurul pun sempat mengabadikan foto kami, waah…senang nya….

Perlahan namun pasti, penyelaman pun terus berlanjut.. sebelum kami semua nyebur, mas Nurul sudah memberi peringatan bahwa arus bawah di lokasi ini lumayan kuat, dan kalau mau jujur, license kami sebetulnya belum memperbolehkan kami untuk menyelam di laut dengan arus bawah yang kencang seperti ini, materi nya belum sampai pada tehnik mempertahankan diri ataupun melawan arus,  ternyata kenekatan kami terjawab juga, pada kedalaman 12 meter an hampir aku terseret arus ketika mencoba melepaskan pegangan dari salah satu terumbu karang yang aku sentuh, rasa nya seperti ada yang menarik badan aku dari belakang, beruntung mas nurul sempat dengar teriakan aku yang gak maksimal karena mulut tersumpal mouthpiece,  dan akhirnya berhasil menyelamatkan aku dengan menarik fin yang aku pakai… pphhfff…alhamdulillah…… hampir saja….

akhirnya.. sampailah kami di Wreck yang di maksud,

Terus terang aja, ada kesan “angker” dan serem yang aku rasakan ketika tiba di lokasi bangkai kapal yang merupakan salah satu bukti sejarah yang masih tertinggal, dan seperti nya my buddies merasakan hal yang sama. walau pun bentuk nya sudah tidak sempurna lagi, namun besar nya kapal ini masih jelas terlihat,

Mas Nurul sempat mengajak kami ke salah satu kabin yang menurut beliau masih aman untuk di masuki, aku sempat gelengkan kepala tanda gak mau, ngeriy juga euy..takut ada sesuatu yang “besar”  dan “mengejutkan” di dalam situ….untunglah, secara tersirat buddies dive pun setuju untuk tidak masuk terlalu dalam dan hanya sampai di depan pintu kabin nya saja..

Menghabiskan sekitar 50 menit an kami mengitari kapal karam itu, akhirnya kamipun kembali ke permukaan, alhamdulillah…kali ini perkiraan persediaan isi tabung tidak meleset…. tidak ada perlengkapan selam yang “treibel”  :) , menjelang sampai di atas permukaan guncangan ombak  pun terasa lumayan kencang, gak tahan dengan pusing nya kepala karena terombang-ambing gelombang..aku jackpot lagi deh…. huuueek…. hehe…

Ada yang bikin aku wondering di penyelaman kali ini, yaitu ketika hidung aku mengeluarkan darah..hhmm….padahal waktu masih menyelam, gak berasa apa-apa tuh,  katanya mas Nurul siy..kondisi tubuh aku yang kurang fit dan ada gejala flu yang menyebabkan darah itu keluar… saat kondisi seperti itu, sangat di sarankan bagi diver untuk istirahat dan banyak minum air putih… mengingat masih ada 1 kali lagi agenda penyelaman di spot yang berbeda..aku pun menurut dan coba tiduran di atas kapal untuk memulihkan kondisi fisik.

Perjalanan kami lanjutkan, destinasi berikut nya adalah pulau Cemara Besar, pulau yang luar biasa indah dengan hamparan pasir putih dengan lautnya yang biru bening dan dangkal membuat kami serasa entah ada dimana…

Subhanallah …. hanya itu yang terucap dalam hati ketika perahu kami berhenti di sini, pusing dan mual yang tadi aku rasain pun seolah tiba-tiba hilang…

Tak mau menyia-nyiakan keindahan ini, sambil menunggu makan siang di siapkan …snorkeling lagi deh…

Pesona alam nya sungguh sangat memotivasi untuk terus  jepret-jepret…walo dengan status masih belajar, tetep semangat !

Makan siang di sini terasa lebih nikmat, selain di suguhkan ikan bakar yang baru di ambil, bener-bener fresh from the sea… pemandangan nya ini lho..yang priceless banget… sampe-sampe tukang poto bilang..kayak di surga..hhmm… pernah ke sana ya nun ? hehe…*piss..

Selesai makan siang, sambil berjalan menuju perahu, acara jepret-jepret pun terus di lanjutkan…

gak ketinggalan, sebelum perahu meninggalkan tempat indah ini, pose juga dunk aku nya…hehe…

Dengan berat hati, karena masih betah di sini, kami pun kembali melanjutkan perjalanan menuju agenda diving ke-2, spot yang terpilih adalah Pulau Gosong Cemara Kecil, pulau yang gak kalah cantik nya… dengan deretan terumbu karang yang dapat jelas terlihat dari permukaan… hmmm…. siap-siap buat nyelam lagi deh…. sempat ada kehawatiran hidung aku berdarah lagi.. kali ini aku memilih untuk menyelam tidak melebihi 10 meter an aja…

Luar biasa keindahan taman bawah laut di pulau ini… subhanallah….

Sayang banget sebetulnya, ketika diving kedua ini aku gak bisa maksimal, bener-bener gak bisa di ajak kompromi, hanya sampai pada kedalaman 7 meter an, hidung aku mulai berdarah lagi ….padahal aku masih betah banget muter-muterin taman laut ini, dalam kisaran 15-20 menit an, terpaksa aku naik lagi ke permukaan, yah.. menghindari ada nya hal-hal yang tidak di harapkan, ternyata arus di spot diving kedua ini gak kalah kenceng nya… ini terasa ketika aku harus berenang melawan arus dari spot diving menuju perahu.. lumayan… lemes juga aku di buat nya.. hehe…tapi tetep seneng… entah lah… aku sangat menikmati saat-saat seperti ini…😉 , sambil menunggu buddies aku kembali..istirahat lagi deh…

Selesai diving di Pulau gosong cemara kecil, Monel sempatkan ajak kami untuk singgah di Tanjung Gelam.. hhmm…. another beautiful view…

pohon kelapa yang photogenic…

pesisir pantai yang kecil dengan skala pemberi kepuasan foto yang luar biasa🙂

Sore telah datang, mengingatkan kami untuk kembali akan daratan…🙂 …selesai  menikmati indah nya view di sini, kami pun beranjak kembali ke penginapan,

Gosong nya kulit yang terbakar..sangat sebanding dengan puas nya hati menikmati semua keindahan alam Karjaw.. biar gosong masih tetep manis kan..hehehe….

Makan Malam terakhir kami di penginapan… lelah yang kami rasakan hari itu menyisakan kepuasan akan banyak nya cerita alam yang terekam indah di benak kami masing-masing … malam itu pun kami tidur pulaaasss…..

Pagi itu hari selasa, kami semua bangun kesiangan..hehe… malas rasa nya kembali ke Jakarta… tapi apa mau di kata..kami memang tetap harus kembali… selesai sarapan..acara packing pun dimulai…

Jam 10 an pagi, kami di jemput untuk di antarkan beli sovenir Karjaw… tidak begitu semangat aku rasa belanja sovenir kali ini, hal yang sama pun aku lihat dari raut wajah teman-teman, hanya beberapa buah sovenir kecil akhirnya kami  beli, itupun hanya karena daripada tidak ada sama sekali yang di beli..hehe…

Setelah itu..kami pun beranjak pergi menuju pelabuhan untuk naik kapal Kartini yang akan membawa kami kembali ke Semarang…agak sepi penumpang kapal saat itu.. karena sebagian besar penumpang turun di Jepara, saat istirahat transit kami minta ijin untuk melihat-lihat ruang kemudi.. gak mau buang kesempatan ini… dengan seijin pak Kapten kapal kami pun pose bersama…  buat kenang-kenangan kata nya…thanks pak!

Sekitar jam setengah 5 sore, kami pun tiba di Semarang dan langsung pergi ke stasiun kereta api Tawang, karena kereta api jurusan Jakarta masih jam 11 malam nanti, waktu luang yang sangat panjang itu kami gunakan untuk keliling kota semarang, setelah mendapatkan toko yang mau menerima penitipan tas ransel barang bawaan kami di stasiun,  acara keliling dan hunting oleh-oleh Semarang pun dimulai, ikan bandeng, lanting, lumpia, dan snack kering lain nya pun berhasil kami dapatkan… selesai dinner alakadar nya dekat stasiun… selanjutnya kami stand by menunggu kereta api yang akan membawa kami pulang ke tempat masing-masing..jam 20.30,..tukang poto berangkat duluan dengan kereta yang membawa dia balik ke Bandung, dan akhir nya jam 23.00 kereta jurusan Jakarta pun datang dan membawa aku dan temen kantor pulang ke rumah…. pulang ke alam nyata….🙂

Alhamdulillah… sungguh perjalanan yang menyenangkan… bersyukur pada yang maha kuasa aku masih di kasih kesempatan untuk menikmati alam yang luar biasa indah… terimakasih untuk mas Bayu, Monel, Mas Nurul dan bapak perahu dari Karimun Jawa for backpacker yang udah memfasilitasi perjalanan kami kali ini, makasih untuk Robi Cs, yang tingkah kocak nya senantiasa membuat aku tertawa dan tour pulau nya jadi tambah seru, last but not least… my travel mates..my luvely buddies.. tukang poto dan temen kantor ..both of you who make this travelling become reality…😉 .. tukang poto yang walaupun narsis nya sempet bikin aku “shock” ..tapi banyak hikmah nya juga..foto-foto spot underwater yang di ambil nya keren abiz…hehe… temen kantor.. atas semua kerja sama dan kebaikan serta pengertian nya… you are the best deh… can’t wait for the next trip guys….Yuuuukk..mariiiyy….

Pokok nya Karimun Jawa tuh memang We O We banget dueehh….😉

23 November 2010 - Posted by | Enroute

12 Comments »

1. how are you I was luck to come cross your website in yahoo
    your topic is splendid
    I get a lot in your blog really thank your very much
    btw the theme of you website is really terrific
    where can find it

Comment by bet365 | 1 December 2010 | Reply

• Thank you, just explore wordpress appearance, try it, good luck !

Comment by f4tim3 | 1 December 2010 | Reply

2. Thank you for your valuable information.

Comment by sex ogloszenia | 24 December 2010 | Reply

• you’re welcome..

Comment by f4tim3 | 24 December 2010 | Reply

3. I really enjoyed the blog post. It is always nice when you can not only be informed, but also entertained!

Comment by redtube | 5 January 2011 | Reply

4. hye..juz wanna know how to go dive there?im from malaysia..

Comment by aizuddin | 17 February 2011 | Reply

• Hi Aizudin,
      how r you doing ? do you like diving ? same with me..!
      Karimun Jawa is a small island at Central Java, its take 3 hours by boat from Semarang city, and around 2 hours by boat from Jepara city, my suggestion is, its easier and faster if you go there via Semarang, firstly, you should go to Jakarta, and then you can use flight or bus or Train to Semarang, find the harbor of Semarang, its called Tanjung mas, and you can find the boat that will take you to Karimun JAwa, fyi, boat schedule is not everyday..hhmmm… better you check Karimun Jawa for Backpacker at Facebook, they will offer you tour package to KArimun Jawa , and its lots of easier for you to get the direction.
      Thanks for visiting my blog…

have a nice and safe dive…

Comment by f4tim3 | 17 February 2011 | Reply

5. boleh minta no kontaknya mas nurul mba?
    saya rencana tgl 21 April mo diving juga di karimun
    tq

Comment by timmy febrin | 14 April 2011 | Reply

• Maaf Mas Timmy, aku lama niy gak buka blog, udah telat kali yah klo aku kasih sekarang ? gmn diving nya kmrn ? jadi di Karjaw ?

Comment by f4tim3 | 19 April 2011 | Reply

6. mbak,boleh tau diving rate nya berapa di karimun? Mbak ikut paket diving atau nggak? Boleh minta no kontak diveguide/mas nurul yg di karimun?
    Maaf ya banyak nanya…pengen diving di karimun blm kesampean soalnya,hehe

Comment by Ari | 28 November 2011 | Reply

• Hi Ari, maaf yah..aku lupa berapa persis price nya.. karena waktu itu paket dive tdk termasuk paket trip karjaw nya..jadi untuk diving kita nego langsung ke mas nurul nya.. seingat aku kisaran harga yang di kasih masih wajar kok..gak pake acara “getok” gt..tapi berapa pun itu sangat worthed lah klo kita diving di sana… aku juga pengen dan ada rencana ke sana sekali lagi… no kontak nya mas nurul : 081326565435, salam dari aku yah kalau jadi ke sana… harus jadi lah… highly recommended..hehe. have a nice dive Ari…thanks udah mampir..