F4tim3's Blog

Just the way I am…

Tubuh Sempurna

Beberapa hari yang lalu, saya menyimak acara Women’s Talk, radio Trijaya FM. Topik hari itu, soal perempuan. Setelah omong sana-sini soal trend, fashion dan sebagainya, muncul sesi menjawab pertanyaan via SMS.

Satu pertanyaan yang menarik perhatian adalah tentang tubuh ideal: ada atau tidak?

Kalau bicara ideal, berarti ada yang tidak ideal. Artinya kalau di luar sana ada gambaran tubuh ideal, maka tubuh yang dimiliki sekarang tidak atau belum ideal: Pinggul terlalu besar atau terlalu sempit. Dada terlalu penuh atau terlalu rata. Tubuh terlalu pendek atau terlalu tinggi. Mata terlalu kecil atau terlalu lebar. Serba salah.

Artinya lagi, kita tak terima dengan tubuh yang dimiliki sekarang. Bukan begitu? Dan bukankah itu sama dengan tidak mensyukuri apa yang kita miliki?

Dalam salah satu siaran acaranya, Oprah Winfrey pernah berkata bahwa begitu kita mulai mencela tubuh sendiri, kita tak akan pernah bisa berhenti. Sekali kita merasa tubuh tak sempurna, kita akan terus merasa kurang dan tak puas diri. Sebaliknya, bila kita yakin tubuh ini sudah sempurna, maka segalanya akan jadi lebih baik.

Bergerak dari ucapan Oprah, saya mencoba mengartikan bahwa tubuh setiap orang adalah ideal. Sudah sempurna. Unik, indah dan tepat untuk pemiliknya. Tak ada yang kurang. Menurut hemat saya, kalau setiap orang bisa menerima dan mensyukuri  hal ini dengan hati senang, tak ada lagi kecemasan soal bentuk tubuh. Tak perlu lagi kita bicara cara mendapatkan tubuh ideal, karena pada dasarnya semua orang sudah punya tubuh yang sempurna. Ideal. Betul?

Lalu soal bobot yang berlebih, perut yang tak rata, paha besar ? Ah, itu soal perawatan! Tubuh yang ideal harus dipelihara dengan baik. Ketika Yang Maha Baik menciptakan kita, tubuh yang diberikan sempurna. Berfungsi dan berbentuk baik. Kalau sampai bocel-bocel, lecet sana sini, berlemak di sana-sini… itu tanggung jawab kita. Dan sangatlah wajar buat kita untuk melakukan pemeliharaan terus. Tanpa lelah dan tanpa keluh.  jaga kesehatan dengan olah raga dan menjaga pola makan adalah bagian dari usaha nya.

Jadi adakah tubuh ideal? Tidak. Yang ada tubuh sempurna. Tubuh yang diberikan olehNya. Peliharalah dengan baik. Mulai hari ini juga.😉

25 November 2010 - Posted by | Accordingly, Just thought

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: