F4tim3's Blog

Just the way I am…

Manfaat Perjanjian Kerja Waktu Tertentu


Muncul nya multi krisis di negara kita membuat banyak perusahaan yang kolaps dan sebagian perusahaan yang masih survive tidak lagi berani memberikan “jaminan” permanent terhadap karyawan yang di pekerjakan nya, hal ini sangat dimaklumi mengingat fluktuatif nya kondisi perekonomian dan perolehan laba perusahaan yang tidak jelas serta “rumit” nya proses phk untuk karyawan permanent memicu pengusaha untuk lebih memilih sistem kontrak.

Desakan kebutuhan semacam ini lah yang menjadi salah satu indikasi sebab terbit nya KepMenaker No.100 / 2004 tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT), dalam ketentuan ini jelas mengatur tentang tatacara, syarat apa saja, dan bagaimana PKWT dapat di buat dan harus di terapkan  oleh suatu perusahaan, aku gak akan ngebahas legitimasi dari implementasi peraturan nya, karena aku yakin anda semua sudah tau atau bisa jadi lebih tau dan andaikan belum pun, anda bisa datang ke toko buku terdekat untuk membaca lebih detail tentang isi peraturannya😉

Yang menjadi topik kali ini adalah lebih ke:  apa siy manfaat nya PKWT ? kenapa banyak para pencari kerja yang menghindari nya sementara semakin banyak pula perusahaan yang justru menjalankan sistem ini, ketidak pastian akan pekerjaan apa yang bisa di lakukan setelah kontrak berakhir ternyata menjadi alasan utama  mengapa banyak karyawan agak takut dengan sistem kerja ini, karena salah satu unsur dari PKWT adalah ada nya jangka waktu tertentu yang jelas di sebutkan sebagai waktu jatuh tempo kapan perjanjian kerja itu akan berakhir, itulah kenapa untuk karyawan dengan tingkat level dan usia tertentu yang sudah menginginkan ada nya kemapanan dalam hidup, sangat wajar jika mereka hanya menginginkan pekerjaan tetap dalam jangka waktu yang lama.

Well, sekedar sharing untuk menambah perbendaharaan opini, berikut ini beberapa manfaat PKWT:

Manfaat bagi perusahaan :

1. Bisa mencari karyawan yang selalu produktif, semangat tinggi dan tunduk pada peraturan.

2. Otomatis bila telah melebihi waktu nya dan memang karyawan ini sangat sesuai dengan kualifikasi bisa di angkat menjadi karyawan tetap.

3. Dapat lebih selektif dalam memilih karyawan.

4. Sangat menguntungkan bagi perusahaan dengan sistem project based atau by order.

5. Tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membayar pesangon ketika karyawan berhenti bekerja karena masa kontrak habis.

Manfaat bagi Karyawan :

1. Semakin banyak pengalaman bekerja di perusahaan yang berbeda semakin tinggi “nilai jual” nya.

2. Jika tidak betah pada suasana dan kondisi perusahaan dapat segera meninggalkan perusahaan dengan hormat pada saat masa kontrak selesai.

3. Memicu setiap calon tenaga kerja untuk melakukan pengembangan keilmuan dan keterampilan dari pengalaman yang sudah di peroleh.

4. Bebas mencari kerja kemana saja.

5. sudah sangat tahu kapan mereka harus mencari peluang kerja yang lebih baik bila masa kontrak selesai.

In positive way, dinamis nya dunia kerja bagi karyawan PKWT seharus nya dapat merangsang setiap individu nya untuk melakukan lebih banyak hal dan berkreasi akan apa yang bisa dia kerjakan, beragam nya pengalaman yang di peroleh dari satu perusahaan ke perusahaan lain nya akan memetik hikmah meluas nya jaringan yang akan memberikan mereka peluang untuk selalu  mendapatkan yang lebih baik lagi.

Semua di kembalikan ke pribadi masing-masing, sistem seperti apa yang sekiranya paling nyaman untuk di jalani. tapi apapun itu semoga kita selalu bisa mengambil pelajaran dan hikmah untuk terus maju menjadi pribadi yang selalu berkembang dengan bekal pengalaman yang telah di peroleh😉

 

14 January 2011 - Posted by | Accordingly, Work Field

1 Comment »

  1. Nice Bro

    Comment by Adam | 11 June 2014 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: