F4tim3's Blog

Just the way I am…

Insight

Gak harus Marah kaaaan…?

Salah satu perasaan yang sifat nya mirip jelangkung ini memang kadang  sulit untuk di kontrol, datang tak di undang dan susah klo di suruh pergi, marah biasa nya merupakan emosional respon dari ada nya perasaan gak puas,tersinggung atau gak terima, rasa frustasi dan bisa juga di picu karena kita berada di situasi dan posisi yang gak enak atau gak nyaman, atau bisa juga muncul ketika kita gak bisa memenuhi harapan dan keinginan atau ketika kita di tuntut untuk melakukan sesuatu yang kita gak suka atau kita hindari. Tul gak ?

Kehidupan sehari-hari membuat kita di hadapkan pada berbagai situasi yang dapat memicu kemarahan, dari orang rumah yang pinjem barang gak di balikin tepat waktu atau gak di balikin sama sekali alias di ilangin, teman pinjem uang lupa bayar atau sengaja di lupain, di perjalanan ke kantor baju kotor kecipratan air sisa ujan dari kendaraan yang lewat, di omongin gak enak sama temen kantor, di ledekin ato di kritik ma orang2 sekitar…hehe…gue banget gak siy..? gak lah…temen2 gue baik2 kok…Atau di kantor gak ada salah, gak telat, gak over deadline tapi tau-tau dapet semprotan dari bos. Wah..ini niy..tapi liat2 model bos nya juga yah… kalau punya bos dengan slogan “nyemprot anak buah itu sebagian dari iman” ..bereaksi marah karena ini mah sama aja kita buang nasi yang udah kita makan… percuma atuh..let it gone by gone aja deh…

Anyway, sekarang yang jadi pertanyaan adalah, apakah kita harus biarkan si marah yang otomatis dateng menghampiri trus merasuki fikiran ? bisa gak siy kita gak usah pake marah ?

Harus di akui, marah memang emosi negative yang kalau bisa semaksimal mungkin dan sekuat tenaga kita hindarin, bukan nya gak boleh marah, yang bikin khawatir adalah ketika marah kita malah memperpanjang, memperparah dan bahkan menimbulkan masalah baru lagi, bisa tambah repot kan ? bapak psikolog S.Freud pernah bilang, marah itu manusiawi , tapi marah pada waktu yang tepat, dengan cara dan porsi yang pas, kepada orang yang tepat dan untuk persoalan yang pas itu yang jarang orang bisa lakukan. Ribet memang klo di fikir, lagi klo dah emosi mana sempet juga kita mikir kan ? naaah justru di sini jalan keluar nya, kalau kita sempatkan untuk berfikir sebelum kita marah, kita bisa kok kontrol reaksi marah kita, biar gak berlebihan, karena sebalik nya kalau kita memendam atau menyimpan amarahpun itu bukan hal baik bahkan bisa jadi penyakit di kemudian hari.

Kabar baiknya adalah kita bisa untuk mengontrol rasa marah ini kita bisa lakukan latihan penguasaan emosi agar reaksi dan tindakan kita tidak overdosis, atau bahkan bisa bantu kita lebih easy going dan gak mudah terpancing emosi, seperti detik-detik pada saat hampir marah coba untuk tarik nafas dalam-dalam dan ulangin 2-3 kali, minum air putih dingin pake gelas yah jangan pake ember juga bisa kasih efek “dingin” ke dalam tubuh lho, dan coba di fikir ulang..segitu pentingnya kah reactor yang ada sampe kita harus nguras dan buang energy hanya untuk marah ? ato segitu mudah nya kah kita di kendalikan oleh emosi hingga kita harus bereaksi marah hanya untuk memenuhi kepuasan emosi semata, bukan nya bicara dan menegur baik-baik masih bisa dan lebih efektif untuk mendapatkan solusi ? well…we are not a saint..  tapi kalau memang ada jalan yang lebih baik yang bisa kita tempuh, kenapa gak di coba ? setuju ? masih mau marah juga ? kelaut aje deeeh… ^_^

2 Comments »

  1. kaang-kadang marah itu perlu, tapi jangan sampai salah temapat.

    Comment by diddin | 12 April 2010 | Reply

  2. @ Diddin : betul pak haji..yang aku maksud di sini gimana kita bisa kontrol and kendaliin amarah biar gak salah smua..hehe.. bukan berarti gak boleh marah loh… suwun buat comment nya pak..

    Comment by f4tim3 | 12 April 2010 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: